Kesehatan

Bersama Kader Kesehatan Desa, Pemdes Tanjangawan Rutin Pantau Kesehatan Lansia

Selasa, 25 September 2018 - 21:25 | 37.85k
Kader kesehatan desa saat memeriksa lansia (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Kader kesehatan desa saat memeriksa lansia (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Kader kesehatan desa bersama Pemdes Tanjangawan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, rutin memantau kesehatan warga kategori lanjut usia (lansia). 

Mereka diperiksa kesehatannya selama sebulan sekali. Pemeriksaan kesehatan itu berpusat di balai desa setempat.

Kader-kesehatan-desa-2.jpg

Puluhan lansia silih berganti diperiksa kesehatannya. Mulai dari cek tensi darah, berat badan, lingkar perut, mata, mulut serta pemeriksaan fisik lainnya. 

Bidan Desa Tanjangawan Shofwah mengatakan, pemantauan kesehatan lansia itu merupakan program yang digagas Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik melalui Puskesmas dan kader kesehatan desa dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat khususnya lansia. 

Dia memaparkan, pemeriksaan tersebut bertujuan mendeteksi penyakit yang diderita lansia. "Tentunya ketika ada penyakit kami segera bisa menangani dengan cepat dan benar, selain itu riwayat kesehatan lansia sudah tercatat," katanya, Selasa (25/9/2018). 

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tanjangawan Muhajjir berharap program yang dicanangkan dalam rangka menjaga kesehatan lansia itu bisa terus dijalankan. Sebab, kata dia, kesehatan merupakan komponen yang paling penting dalam mewujudkan kesejahteraan di masyarakat. 

"Kami sangat mendukung. Kami juga turut membantu Pemerintah Kabupaten Gresik dalam rangka menjaga kesehatan warga di masyarakat Desa Tanjangawan," pungkasnya mengakhiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES