Kuliner

Jangan Lewatkan Makan Siang, ini Alasannya

Selasa, 25 September 2018 - 12:18 | 47.85k
Makan siang sangat penting bagi anak-anak. (FOTO: Highwaystarz-Photography/Thinkstock)
Makan siang sangat penting bagi anak-anak. (FOTO: Highwaystarz-Photography/Thinkstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakan siang tak boleh dilewatkan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anak yang melewatkan makan siang akan mengalami kekurangan vitamin A, D, E, dan K serta sejumlah mineral lain yang sangat penting bagi tubuh.

Dikutip dari Reuters, Alison Eldridge, peneliti dari Nestle Research Center di Lausanne, Swiss mengatakan makan siang sangat penting bagi pertumbuhan anak.

“Secara keseluruhan, makan siang sangatlah penting untuk bisa membantu anak-anak memenuhi kebutuhan gizi mereka, terutama untuk vitamin yang larut di dalam lemak A dan D, mineral seperti kalsium, fosfor serta magnesium yang penting untuk kesehatan tulang, dan juga serat makanan,” ujar Alison Eldridge.

Sebelumnya, para peneliti juga sudah lebih dulu melakukan studi terhadap anak-anak yang tidak sarapan dan camilan mereka pada 2009-2010 dan 2011-2012. Berdasarkan penelitian sebelumnya itulah Eldridge berupaya untuk mencari koneksi terkait dengan manfaat makan siang.

Di dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics tersebut, ditemukan jika semakin besar usia anak, semakin banyak persentase mereka melewatkan makan siangnya.

Pada usia 4 tahun-8 tahun misalnya, hanya terdapat 7% anak yang tidak makan siang, sedangkan pada usia 9 tahun-13 tahun sebanyak 16%, sedangkan pada usia 14 tahun-18 tahun sebanyak 17%.

Eldridge juga mengatakan masa kanak-kanak merupakan waktu yang penting untuk bisa membangun kebiasaan yang dapat memengaruhi kesehatan seumur hidup.

Eldridge menuturkan para orang tua mempunyai peranan penting untuk menjadi model perilaku makan yang baik. Hal itu dapat dilakukan dengan menawarkan berbagai makanan padat nutrisi untuk anak-anak mereka.

Sebagai antisipasinya, bawakan anak sekolah bekal makanan. Bekal mencakup karbo, lemak, protein, serat serta vitamin. Anda juga dapat menambahkan susu pada bekal. Makan siang bersama-sama dengan kawan di sekolah juga membangkitkan nafsu makan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES