Kesehatan

Yuk, Cegah Alzheimer dengan Lima Bahan Alami Ini

Selasa, 25 September 2018 - 02:14 | 57.15k
Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, berpikir, perilaku dan berbicara. yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. (FOTO: File404/Shutterstock)
Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, berpikir, perilaku dan berbicara. yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. (FOTO: File404/Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gangguan fungsi otak menjadi salah satu penyakit yang ditakuti. Bagaimana tidak? Otak merupakan organ yang sangat penting pada tubuh. Gangguan fungsi otak bisa menyebabkan alzheimer. Kondisi ini identik dengan menurunnya fungsi otak. Namun, meski tergolong susah diobati, Anda bisa mencoba mengatasi alzheimer dan gangguan fungsi otak dengan bahan alami. Apa saja bahan alami yang bisa mengatasi fungsi otak?

Berikut daftar baban alami yang dapat meningkatkan fungsi otak, dilansir dari Boldsky.

1. Daun Sage

Menurut sebuah penelitian, sage memiliki kandungan yang mampu meningkatkan memori. Sage mengandung asam karnosik, yang mencegah kerusakan sel-sel otak yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ini merangsang produksi glutathione, antioksidan kuat yang membantu mengobati masalah otak seperti autisme, Alzheimer, dan banyak lagi.

2. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-radang. Penelitian mengatakan hal itu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan menjaga penyakit alzheimer.

3. Rosemary

Rosemary mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa inilah dapat membantu melawan kerusakan radikal bebas di sel-sel otak.

Rosemary pun diperkaya dengan asam karsonik yang mampu melindungi otak dari kondisi neurodegeneratif seperti penyakit alzheimer.

4. Kayu Manis

Kayu manis juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Teh dengan tambahan kayu manis memiliki kandungan cinnamaldehyde dan epicatechin.

Dua senyawa tersebut bisa mencegah efek 'protein tau' atau MAPT yang diyakini peneliti sebagai penyebab alzheimer.

5. Chamomile

Menurut beberapa ahli medis, chamomile mengandung luteolin, yang merupakan zat untuk mengurangi reaksi peradangan di otak. Ini menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat meningkatkan fungsi otak dan mengatasi alzheimer. Mulai sekarang jangan malas mengonsumsi beragam rempah-rempah di atas untuk menjaga kesehatan tubuh(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES