Kesehatan

Benarkah Konsumsi Makanan Berserat Membuat Diare Tambah Parah?

Selasa, 25 September 2018 - 05:25 | 27.77k
Diare. (FOTO: Livestrong.com)
Diare. (FOTO: Livestrong.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Diare merupakan masalah kesehatan tubuh yang dapat terjadi pada siapa saja. Saat mengalami diare, tak sedikit penderitanya yang pilih-pilih dalam mengonsumsi makanan. Salah satu jenis makanan yang kerap dihindari penderita diare adalah makanan berserat. Makanan ini dianggap membuat diare semakin bertambah parah. Benarkah demikian?

Dilansir dari Klik Dokter, Anda tentu boleh mengonsumsi serat meski saat diare, asalkan tahu jenis serat apa yang dikonsumsi dan berapa batasannya.

Untuk orang dengan usia di bawah 50 tahun, konsumsi serat dianjurkan sebanyak 25 gram per hari untuk wanita dan 38 gram per hari untuk pria. Sedangkan untuk orang dengan usia lebih dari 50 tahun, serat dapat dikonsumsi 21 gram per hari untuk wanita dan 30 gram per hari untuk pria.

Sebagai panduan sederhana, satu cangkir oatmeal atau satu buah pir berukuran sedang mengandung 4 gram serat. Satu buah apel besar mengandung 4,5 gram serat dan setengah cangkir bayam masak mengandung 7 gram serat.

Kesimpulannya, Anda tak perlu menghindari makanan berserat saat diare. Meski demikian, konsumsinya tetap harus dibatasi, paling tidak di hari pertama diare. Jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi makanan berserat dengan minum banyak air putih. Selain untuk mengganti cairan yang hilang saat diare, air juga akan membuat serat yang Anda konsumsi bekerja lebih maksimal untuk memadatkan feses. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES