Gaya Hidup

Begini Cara Hilangkan Pestisida dalam Buah dan Sayur

Selasa, 25 September 2018 - 06:37 | 136.97k
(FOTO: Istimewa)
(FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTASayur dan buah memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Selain memenuhi kebutuhan serat, sayur dan buah juga kaya akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, pestisida dalam buah dan sayur cukup mengganggu. Banyak warga mungkin juga Anda sangat khawatir terhadap pestisida yang menempel pada sayur dan buah.

Seperti diketahui, pestisida juga mengandung racun yang amat bahaya bagi tubuh kita, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Ssalah satu solusinya adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah organik. Namun mengingat harganya yang malah itu, jadi berfikir dua kali ya untuk membelinya.

Lantas bagaimana cara angkan pestisida dalam sayur dan buah?

Dikutip dari indiatimes, Julie Albrecht, Ph.D. dari University of Nebraska-Lincoln, AS, mengatakan hal pertama yang perlu diperhatikan saat mencuci buah atau sayuran sebelum dimakan adalah dengan menggunakan air dengan suhu yang sama atau setidaknya mendekati buah tersebut. 

Misalnya Anda mencuci buah yang sebelumnya disimpan di kulkas, maka gunakan air dingin. Bila buahnya disimpan di suhu ruangan, gunakan air bersuhu normal.

Untuk menghilangkan sebagian besar jejak pestisida pada buah atau sayuran, studi dari University of Massachussetts menemukan bahwa merendam buah atau sayuran selama 15 menit dalam larutan air dan baking soda dengan rasio 1 sendok teh dan dua cangkir air. 

Perlu dicatat, mencuci dengan metode ini tak selalu bisa 100% memastikan pestisida hilang, karena ada sebagian jenis pestisida yang tak hanya menempel di kulit buah, tetapi masuk ke dagingnya.

Meski demikian cara tersebut dapat digunakan untuk meminimalisir dampak pestisida dari sayur dan buah yang akan kita konsumsi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES