Kesehatan

Konsumsi Obat Pelangsing Memicu Penyakit Hipertensi Paru, Benarkah?

Senin, 24 September 2018 - 14:36 | 34.15k
ILUSTRASI: Penyakit Hipertensi Paru. (FOTO: Hellosehat)
ILUSTRASI: Penyakit Hipertensi Paru. (FOTO: Hellosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAObat pelangsing menjadi salah satu andalan jika ingin memiliki tubuh langsing secara instan. Jika Anda termasuk salah satunya, Anda patut waspada. Obat pelangsing ini bukanlah tanpa efek samping. Mengonsumsi obat pelangsing bisa menyebabkan hipertensi paru

"Obat pelangsing mengeluarkan suatu zat yang namanya serotonin, yang menyebabkan pembuluh darah pada paru menyempit," ujar dokter spesialis jantung RS Sardjito, Yogyakarta, Dr. Lucia Kris Dinarti SpPD SpJP dalam diskusi publik "Ancaman Penyakit Hipertensi Paru Bagi Perempuan dan Anak Indonesia" di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Senin (24/9/2018).

Orang yang mengonsumsi obat pelangsing kemudian mengeluhkan efek samping sesak napas, bisa menjadi salah satu gejala hipertensi paru. Gangguan kesehatan ini bisa dideteksi melalui rekam jantung dan ekokardiografi.

Sebenarnya apa hipertensi paru Hipertensi paru merupakan suatu kondisi terjadinya tekanan darah tinggi di arteri pulmonalis atau paru, membuat jantung kanan bekerja ekstra keras sehingga bisa berakibat fatal dalam waktu cepat. 

Hipertensi paru sering berhubungan dengan penyakit jantung bawaan, penyakit paru lainnya seperti penyakit paru obstruktif kronis dan penyakit autoimun seperti lupus. 

Data dari Yayasan Hipertensi Paru Indonesia (YHPI) menunjukkan, penyakit ini sering diderita anak-anak hingga usia dewasa pertengahan dan umumnya dialami perempuan daripada laki-laki dengan perbandingan 9:1. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES