Peristiwa Daerah

Peringati Hari Tani, IBEMPI Tuntut Pemerintah Tunaikan Janji Reforma Agraria

Senin, 24 September 2018 - 12:44 | 26.65k
Puluhan aktivisi IBEMPI Jatim peringati Hari Tani. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Puluhan aktivisi IBEMPI Jatim peringati Hari Tani. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERIBEMPI (Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian Indonesia) Wilayah IV Jawa Timur menuntut pemerintah segera melaksanakan reforma agraria (land reform) untuk memastikan petani Indonesia menguasai kepemilikan tanah sesuai amanat konstitusi. 

"Kami menuntut Presiden Jokowi segera menunaikan janji Nawacita, salah satunya adalah Reforma Agraria dimana kedaulatan tanah itu dikembalikan kepada petani," tutur Koordinator Wilayah IV IBEMPI Jatim Muhammad Soleh, saat Peringatan Hari Tani di Jember, Senin (24/9/2018).

Ia mengatakan saat ini lahan pertanian di Indonesia terus mengalami penyusutan. Salah satu penyebabnya adalah proyek besar-besaran infrastruktur yang dilakukan pemerintah dan industri pertambangan. Atas kondisi ini, Soleh menilai Nawacita Jokowi masih sebatas janji dan angan-angan. 

"Seperti proyek Tol itu banyak sekali petani yang terpaksa kehilangan tanahnya. Tidak terkecuali tambang di Tumpang Pitu yang memaksa lahan pertanian terpapar merkuri," ucapnya. 

Selain itu, IBEMPI Wilayah IV Jatim juga meminta pemerintah mengembalikan fungsi badan urusan logistik (Bulog) sebagai pengendali produksi, tata niaga, distribusi dan harga pangan di Indonesia.

Selama ini kata dia, pemerintah pusat kerap tidak sinergis dalam pengambilan keputusan, sebagai contohnya adalah impor beras yang sempat mengakibatkan cekcok antara Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito dan Kepala Bulog Budi Waseso. 

"Pemerintah berkewajiban mengembalikan citra Indonesia sebagai bangsa agraris," ucap Koordinator Wilayah IBEMPI Wilayah IV Jatim Muhammad Soleh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES