Entertainment

Wow, Film 'Muslimah' Menangi Festival Film ReelOzInd

Senin, 24 September 2018 - 12:52 | 52.26k
Cuplikan fim 'Muslimah' (FOTO: ABC News)
Cuplikan fim 'Muslimah' (FOTO: ABC News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengangkat tema agama dalam film merupakan PR bagi sineas muda. Namun Nur Wulandari -yang disapa Wucha, mampu meramu kisahnya yang berlatar agama menjadi film yang asyik dan menarik untuk ditonton. Bahkan film berjudul 'Muslimah' itu mampu memenangkan festival film pendek Australia-Indonesia 'ReelOzInd' dalam kategori kolaborasi terbaik.

Wucha mengatakan film 'Muslimah' merupakan kisah yang dialaminya sendiri. Ia dibesarkan dua ibu dengan pandangan agama berbeda.

Dalam film pendek berdurasi sekitar 5 menit ini, sang pemeran utama digambarkan menerima nasehat agama dari dua orang ibunya melalui sambungan telepon.

Ibu pertama meminta sang aktris untuk berpakaian tertutup, termasuk menutup kepala dengan hijab, sementara ibu kedua menilai penutup kepala bukanlah hal yang wajib dalam agamanya.

“Yang satu selalu nanyain kapan aku pakai jilbab, sampai nanya ‘kamu kalau nggak pakai jilbab di kuburan gimana?. Yang satu lagi bilang Islam itu bukan tentang pakaian, tiap Muslim punya tradisi masing-masing,” kata Wucha seperti dikutip dari ABC.

‘Muslimah’ adalah pemenang kategori kolaborasi terbaik dari Festival Film Pendek Australia-I ndonesia ‘ReelOzInd’ 2018. Ada 4 pemenang lainnya dengan kategori berbeda dari festival ini, salah satunya film ‘Daily Bread’ besutan sutradara Australia, Ruby Challenger.

Sementara itu, Jemma Purdey, koordinator ReelOzInd, ‘Daily Bread’, ‘Muslimah’, serta tiga film pemenang lainnya terpilih berkat ide cerita yang kuat dan menyentuh tema universal. Film garapan Wucha dan Ruby mengangkat peran perempuan dan perjuangan hidup mereka.

“Para juri melihatnya sebagai eksplorasi yang berani dari sebuah topik, yang sangat sulit untuk dibicarakan. Selain itu juga berkaitan erat dengan tema kami tahun ini yakni ‘Kaum muda’,” terang Jemma.

Tahun ini, ReelOzInd memasuki tahun penyelenggaraan ketiga dan diikuti oleh ratusan sineas berbakat dari Australia dan Indonesia.

ReelOzInd 2018 menampilkan 5 kategori pemenang yakni Film Terbaik, Kolaborasi Terbaik antara Australia dan Indonesia, Dokumenter/Animasi/Fiksi Terbaik, Film Kategori Pemuda Terbaik, serta Film Ultra Pendek Terbaik.

Film-film peserta ReelOzInd teramasuk film 'Muslimah' akan ditayangkan perdana pada 26 September 2018 di Melbourne dan Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Viva News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES