Peristiwa Daerah

Bupati Musi Rawas Ikuti Panen Raya Buah Jeruk di Desa Sukakarya

Senin, 24 September 2018 - 08:27 | 59.04k
Panen Raya Jeruk di Sukakarya, Musi Rawas (FOTO: Kominfo)
Panen Raya Jeruk di Sukakarya, Musi Rawas (FOTO: Kominfo)

TIMESINDONESIA, MUSI RAWASBupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dan Istri dr Hj Noviar Marlina Gunawan bersama Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Hj Zuridah, SH, MH melakukan panen raya buah Jeruk di Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas, Minggu (23/09/2018).

Selain memanen secara simbolis, Bupati beserta rombongan juga meninjau Kebun Jeruk yang dimiliki oleh Kelompok Tani Sido Lestari dan 12 Kelompok Tani lainnya yang memiliki luas mencapai 18 hektar.

Bupati memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kelompok Tani Sido Lestari yang telah sukses menjadikan Desa Sukaraya ini sebagai sentra komoditi Jeruk.

Dirinya berharap Kelompok Tani bersama Kepala Desa dan Camat serta SKPD terkait dapat bersinergi untuk meningkatkan produksi buah Jeruk ini sehingga dapat menyuplai kebutuhan buah jeruk untuk Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau serta daerah sekitarnya

Untuk itu, Bupati mengintruksikan kepada instansi terkait agar dapat terus membina dan membimbing serta memenuhi kebutuhan petani seperti bibit, pupuk dan alat pengelolaan tanah serta fasilitas pendukung lainnya.

"Ke depan perkebunan jeruk ini dapat bertambah luasan dan produksinya meningkat, dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat desa ini dapat terwujud," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukaraya, Rudi Setia mengucapkan terimah kasih atas perhatian yang besar dari Bupati Musi Rawas kepada Desa Sukakarya khususnya kepada kelompok Tani tanaman Jeruk ini. "Dengan kunjungan dan panen raya oleh Bupati ini ke depan masyarakat khususnya petani desa Sukaraya ini dapat lebih makmur dan sejahtera," katanya.

Rudi mengungkapkan, hingga saat ini Desa Sukakarya memiliki kebun buah Jeruk seluas 18 hektar. Sekitar 16 hektar yang produktif, sementara 2 hektar lainnya saat ini masih berumur 1 sampai 2 tahun. "Per tahunnya, setiap panen per hektar dapat menghasilkan sekitar 15 ton buah Jeruk dengan harga jual Rp 8000/kg.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES