Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Kebiasaan Sering Melihat Gawai

Senin, 24 September 2018 - 02:16 | 27.76k
Bermain gadget. (FOTO: TIMES Indonesia)
Bermain gadget. (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menatap layar ponsel, laptop, dan televisi dalam waktu yang lama dapat memicu gangguan kesehatan mata. Terlalu lama menatap layar bakal membuat mata terasa lelah. Kondisi itu berujung pada mata kering. Memang, menatap layar dalam waktu lama tak bisa dilepaskan dari zaman sekarang. Namun, bukan berarti hal itu harus membuat Anda merugi akibat mata yang kering.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mata tetap aman saat menggunakan gadget seperti saat Anda menonton drama kesayangan atau bermain game favorit. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut tips agar mata tidak rusak.

1. Perhatikan Jarak

Ada rumus yang perlu diperhatikan saat memelototi layar televisi. Rumus itu digunakan untuk menghitung jarak ideal dengan layar. 

Seseorang perlu mengambil jarak lima kali diagonal televisi. Misalnya, jika televisi Anda berukuran 20 inci, maka jarak ideal antara mata dan layar adalah 2,54 meter.

Sementara jarak menonton televisi bisa menggunakan rumus-rumus tertentu, tidak dengan layar komputer. Anda bisa mengukur jarak ideal antara mata dan layar komputer sebanyak 25-30 sentimeter.

2. Beri Jeda

Tontonan yang mengasyikkan atau games yang menyenangkan akan membuat mata lelah. Apalagi jika jarak antara mata dengan layar terlampau dekat. Hal itu akan membuat otot-otot mata harus bekerja keras demi menampilkan objek dengan jelas.

Jika sudah begitu, perlu adanya jeda istirahat di tengah aktivitas depan layar Anda. Beri jeda setelah 1-2 jam menatap layar. Lihat objek yang jauh agar otot-otot mata berelaksasi.

3. Nutrisi Seimbang buat Mata

Selain vitamin A, orang juga meyakini bahwa vitamin C turut andil besar menjaga kesehatan mata. Asupan vitamin A yang cukup berkontribusi mencegah penyakit pada matang.

4. Jaga Asupan Air

Air memiliki peranan penting bagi fungsi organ tubuh, termasuk mata. Asupan air yang cukup untuk tubuh akan membantu selaput lendir mata tetap lembap, sehingga mencegah kondisi mata kering. 

5. Berkedip Lebih Banyak

Berkedip tak sekadar menghalau kotoran atau debu yang masuk ke mata, tapi juga untuk menjaga kesehatan mata saat sedang menatap layar. Berkedip membuat kornea terus dialiri air mata, sehingga sel kornea ternutrisi dan mencegah mata kering(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES