Pendidikan

Mahasiswa HI UMY Berkunjung ke KBRI Manama

Minggu, 23 September 2018 - 20:02 | 50.83k
Kampus UMY (FOTO: Istimewa)
Kampus UMY (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Perasaan dua mahasiswa Hubungan Internasional (HI) UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) sedang berbunga. Dia adalah Amalia Putri Utami dan Heriawan.

Keduanya mendapatkan undangan dari KBRI Manama karena telah memenangi praktikum diplomasi yang digelar Prodi HI UMY bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI melalui Direktorat Jenderal Diplomasi Publik beberapa waktu lalu.

Keduanya berada di Bahrain selama sepuluh hari. Selama di Bahrain, mereka akan melakukan sejumlah kegiatan seperti magang di KBRI Manama dan terlibat dalam beberapa kegiatan diplomatik seperti persiapan resepsi diplomatik, dan Indonesian Cultural Night. 

“Kami juga akan sit-in di University College of Bahrain (UCB) dan kemudian terlibat dalam diskusi dengan mahasiswa di sana dengan dipantau langsung oleh Dr. Sutan Emir Hidayat, Kepala Bagian Administrasi Bisnis (Dekan / Kepala Sekolah Bisnis) di UCB,” kata Heriawan dalam siaran pers humas UMY yang dikirimkan kepada TIMES Indonesia, Minggu (23/9).

Menurut Heriawan, Duta Besar Indonesia untuk Bahrain, Nur Syahrir Rahardjo menyampaikan bahwa lembaganya sering mengirimkan pelajar dan mahasiswa Bahrain ke Indonesia dalam berbagai kesempatan. 

“Setelah kunjungan kami diminta menuliskan pendapat dan kesan mereka tentang Indonesia. Dubes ingin kami melakukan hal yang sama dan kemudian mempublikasikan tulisan tersebut melalui media sosial," ungkap Heriawan.

Selain itu, selama di Bahrain mereka akan melakukan mini-research terkait fenomena perdagangan manusia di Bahrain. Tema itu dipilih karena fenomena human trafficking yang terjadi di Bahrain kebanyakan tidak ada 'korban', karena tenaga kerja tersebut diterbangkan secara sukarela oleh agen ilegal. 

“Ini yang ingin kami informasikan seluas-luasnya," papar Amalia, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) yang berkesempatan berkunjung ke KBRI Manama, Bahrain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES