Wisata

Kawasan Wisata Gili Trawangan Mulai Dikunjungi Wisatawan

Minggu, 23 September 2018 - 18:42 | 77.40k
Kapolda NTB, Irjen Pol Achmat Juri (kedua dari kanan) saat mengunjungi kawasan wisata Gili Trawangan, pada Sabtu (22/9/2018) kemarin. (FOTO: Humas Polda NTB for TIMES Indonesia)
Kapolda NTB, Irjen Pol Achmat Juri (kedua dari kanan) saat mengunjungi kawasan wisata Gili Trawangan, pada Sabtu (22/9/2018) kemarin. (FOTO: Humas Polda NTB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Kawasan wisata Gili Trawangan, Lombok Utara dinyatakan aman untuk dikunjungi pasca gempa yang melanda Pulau Lombok. Hal ini terlihat dengan mulai kembali ramainya kunjungan wisatawan ke kawasan wisata tersebut dalam satu pekan terakhir.

Upaya masyarakat untuk bangkit serta kinerja aparat keamanan turut membantu percepatan recovery pasca bencana gempa bumi di Gili Trawangan.

Karo Ops Polda NTB yang juga merupakan Komandan Satgas Aman Nusa II Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya mengatakan, penempatan personil di kawasan wisata itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan di Gili Trawangan. 

Sedikitnya 100 personil Satgas Aman Nusa II Polda NTB ditugaskan di kawasan wisata pantai tersebut. Mereka berasal dari pasukan Brimob Polda Jawa Tengah yang di-BKO ke Polda NTB. 

Ia menyampaikan, sebanyak 40 personil ditempatkan di Gili Trawangan, 30 personil di Gili Meno, dan 30 personil  lainnya di Gili Air.

"Ini yang terpenting. Kita memang harus bisa segera meyakinkan wisatawan untuk kembali datang ke Gili, dan memastikan keamanan dan kenyamanan selama mereka berwisata," kata Dewa Putu Maningka Jaya, kepada TIMES Indonesia, Minggu (23/9/2048).

Menurut Maningka Jaya, upaya normalisasi kondisi wisata di Gili Trawangan harus menjadi prioritas untuk memulihkan wajah pariwisata Lombok dan NTB secara umum setelah digoyang gempa.

Oleh karenanya, melalui Operasi Aman Nusa II, Polda NTB dibantu tambahan pasukan dari sejumlah Polda lainnya memfokuskan normalisasi objek vital pariwisata itu beberapa hari pasca bencana.

"Isu tsunami pasca gempa 5 Agustus itu membuat semua orang di Gili panik, semua ingin keluar meninggalkan Gili. Kami sempat kewalahan melakukan evakuasi beberapa hari, ya kita kan nggak bisa melarang orang takut. Tapi sekarang, semua saya lihat mulai membaik, wisatawan sudah mulai berdatangan kembali," kata Maningka Jaya.

Untuk diketahui, geliat kembalinya geliatnya aktivitas wisatawan di Gili Trawangan saat kunjungan Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri, pada Sabtu (22/9/2018) kemarin. Dalam kunjungan itu, Kapolda Achmat Juri melihat langsung kondisi kawasan wisata Gili Trawangan dan memberikan arahan kepada personil Satgas Aman Nusa II yang bertugas untuk melindungi wisatawan pasca gempa Lombok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES