Politik

KPU Berharap Peserta Pemilu 2019 Taati Aturan Berkampanye

Minggu, 23 September 2018 - 12:34 | 22.61k
Ketua KPU RI, Arief Budiman. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ketua KPU RI, Arief Budiman. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahapan Pemilu 2019 kini sudah memasuki masa kampanye. KPU RI mengawali tahapan ini dengan deklarasi kampanye damai di Silang Monas, Gambir Jakarta Pusat.

Deklarasi dihadiri seluruh ketua umum partai politik, penyelenggara pemilu, serta kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Termasuk ribuan simpatisan parpol maupun para pendukung pasangan capres-cawapres.

Menurut Ketua KPU Arief Budiman, deklarasi damai bertujuan untuk meneguhkan komitmen peserta pemilu. Terutama dalam menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Kampanye yang damai demokratis dan mengedukasi pemilih dan memperkenalkan dan menyosialisasikan peserta Pemilu 2019," kata Arief dalam orasi politiknya di Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Mengusung tema Kampanye Anti SARA dan Hoaks, Arief menekankan agar Pemilu 2019 menjadikan pemilih berdaulat. Acara ini sekaligilus menandai bahwa masa kampanye sudah dimulai per hari ini.

Dia juga mengingatkan, seluruh peserta pemilu harus mentaati peraturan yang berlaku dalam berkampanye. "Kampanye dimaksudkan untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi misi program dan atau citra diri peserta pemilu," ucapnya.

Di samping itu, Arief menambahkan, kegiatan kampanye juga merupakan upaya peserta Pemilu 2019 untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih. Atas dasar itu, diharapkan meningkatkan angka partisipasi. "KPU berharap agar peserta pemilu dapat memanfaatkan masa kampanye melalui kegiatan kampanye yang damai, seperti tidak mempolitisasi SARA, tidak menyebarkan informasi hoaks, tidak melakukan politik uang, dan tidak melakukan hujat dan menghina," tandas dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES