Pendidikan

Latih Kecerdasan Motorik Anak dengan Kegiatan Ini

Minggu, 23 September 2018 - 02:38 | 180.07k
ILUSTRASI. Melatih kecerdasan motorik pada anak. (Foto: nxbgd.com)
ILUSTRASI. Melatih kecerdasan motorik pada anak. (Foto: nxbgd.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMelatih perkembangan anak bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan kegiatan sederhana menyusun balok kayu mainan. Bukan hanya sekedar bermain, kegiatan ini ternyata bisa melatih kecerdasan motorik pada anak.

Pernahkah Anda melihat anak menyusun balok kayu mainan dan merobohkannya, kemudian menyusunnya kembali? Ternyata hal ini bisa mengasah keterampilan motorik halus pada anak.

Dilansir dari parenting.co.id, bagi anak, bermain mengandung proses pembelajaran yang akan mendukung perkembangan keterampilannya. Saat anak bermain menyusun balok kayu mainan, biarkan anak menyusun sesuai yang mereka inginkan. Anda cukup mendampingi di sampingnya.

Selain permainan balok kayu, ada kegiatan lain yang bisa mengasah keterapilan motorik halus anak-anak. Diantaranya adalah memasukkan mainan ke kotak dan mengeluarkannya kembali, menyusun dan mencocokkan kepingan-kepingan puzzle sederhana, bahkan belajar makan dengan sendok juga bisa menjadi sarana melatih kecerdasan motorik anak.

Meskipun permainan ini dapat membantu perkembangan anak, orang tua tidak boleh lengah. Tetap dampingi anak saat bermain, dan selalu beri pengarahan kepada anak tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES