Gaya Hidup

Mau Bahan Makanan Awet, ini Triknya

Minggu, 23 September 2018 - 06:06 | 42.07k
Makanan awet. (FOTO: ResepKoki)
Makanan awet. (FOTO: ResepKoki)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak semua bahan makanan dapat segera habis. Beberaa bahan makanan dapat habis bahkan setelah beberapa bulan. namun pernahkan Anda menyimpan bahan makanan lantas berjamur, meski belum sampai pada tanggal kadaluarsa?

Jika itu permasalahan Anda, ada baikya mengikuti trik yang telah kami olah dari berbagai sumber berikut ini

Kacang

Simpanlah kacang dalam tempat makanan yang kedap udara kemudian dinginkan. Dalam kondisi ini, kacang bisa bertahan hingga lebih dari satu tahun.

Keju

Keju yang digunakan untuk memasak masih tersisa? Simpanlah keju dengan terlebih dahulu mengolesi sedikit mentega pada permukaan keju. Cara ini untuk mencegah keju mengering di permukaan. Selanjutnya, bungkus potongan keju dengan kertas roti atau kertas lilin, lalu dikemas lagi dalam lapisan plastik untuk memberikan perlindungan ekstra. Kemudian simpan di dalam lemari pendingin.

Kue kering dan biskuit

Sebelum menyimpan dalam stoples kedap udara, Anda perlu mengalasi bagian bawah toples dengan kertas blotting. Ini berfungsi agar tekstur kue kering dan biskuit tetap renyah selama disimpan.

Beras

Tambahkan beberapa lembar daun nimba kering ke dalam wadah penyimpanan beras Anda. Daun nimba kering berfungsi sebagai pestisida alami yang membantu menjaga beras dari serangan hama. Sedangkan untuk olahan nasi yang sudah matang, Anda cukup menyimpan dalam kotak kedap udara kemudian simpan dalam kulkas.

Jamur

Sebaiknya Anda tidak menyimpan jamur dalam kantong plastik karena akan menurunkan kualitas dan teksturnya akibat tingkat kelembapan yang cukup tinggi di dalam kantung plastik. Namun, Anda bisa menyimpan jamur dalam wadah kertas berwarna cokelat yang cenderung membuat kelembapan tetap terjaga.

Kentang dan Bawang

Dua bahan makanan ini pantang disimpan secara bersamaan. Sebaiknya Anda tidak menyimpan bawang dan kentang di kulkas. Namun, cukup di tempat yang sejuk, kering, dan gelap, serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Saran saya, jika ingin menyimpan bawang, sebaiknya tidak disimpan secara bertumpuk, melainkan digelar dalam wadah seperti nyiru agar tidak mudah membusuk.

Ternyata praktis juga ya trik menyimpan bahan makanan agar tetap segar meski telah lama disimpan. Yuk dipraktikkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES