Peristiwa Nasional Ekspedisi Gubernur

Ekspedisi Gubernur: Pemprov Ungkap Sumsel sebagai Lumbung Pangan dan Energi

Sabtu, 22 September 2018 - 20:21 | 47.30k
Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo (FOTO: Rizki Dwi Putra)
Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo (FOTO: Rizki Dwi Putra)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Tim Ekspedisi Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tiba di Provinsi ke-7 Sumatera Selatan. Tim Ekspedisi ditemui oleh Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo yang baru dilantik menggantikan Alex Noerdin di Griya Agung pada Sabtu (22/8/2018). 

Tim Ekspedisi Gubernur memperoleh pemaparan dari jajaran Dinas Pemprov Sumsel bahwa Sumsel adalah lumbung pangan dan lumbung energi, yang selama 10 tahun kepemimpinan Alex Noerdin mengalami pertumbuhan yang pesat.

Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih mengungkapkan bahwa Sumsel telah mengalami surplus pangan dan energi. 

"Untuk beras kita surplus sebanyak 2,3 juta ton per tahun sehingga bisa mensuplai beras ke Jawa, lalu untuk listrik kita surplus 1809 Megawatt dalam setahun," ungkap Ekowati.

Tidak hanya surplus di beras, Sumsel juga terus mengalami peningkatan produksi dari tahun ke tahun untuk Jagung dan Kedelai. 

"10 tahun lalu produksi padi per tahun ada di angka 2,9 juta ton, kini mencapai 5,1 juta ton. Kemudian jagung awalnya 101 ribu ton kini mencapai 892 ribu ton. Lalu kedelai dari 7.000 ton sekarang mencapai 12.000 ton," jelas Ekowati.

Kemudian di sektor energi, Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sumsel Ariansyah menjelaskan bahwa Sumsel berusaha beralih dari sumber energi konvensional ke sumber energi terbarukan.

"Kita mulai melakukan penjajakan menuju sumber energi terbarukan berdasarkan topografi daerah di Sumsel. Misalkan di Pagar Alam yang konturnya perbukitan sangat potensial untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin, lalu aliran Sungai Musi juga sangat potensial untuk menghasilkan listrik," jelas Ariansyah.

Dalam pemaparan dari Pemprov Sumsel kepada Tim Ekspedisi Gubernur dari APPSI, turut hadir Sekdaprov Sumsel Nasrun Umar, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Pendidikan dan dinas-dinas lain. Setelah dari Palembang, Tim Ekspedisi melanjutkan perjalanan ke Bangka Belitung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES