Peristiwa Nasional Jokowi-Makruf Amin

KH Ma'ruf Amin Resmi Mengundurkan Diri dari Rais Aam PBNU

Sabtu, 22 September 2018 - 15:16 | 77.17k
KH Ma'ruf Amin (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
KH Ma'ruf Amin (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin, resmi menyampaikan pengunduran dirinya sebagai Rais Aam PBNU dalam rapat pleno yang digelar oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sabtu (22/9/2018), di kantor PBNU.

"Sesuai AD/ART PBNU, terhitung hari ini, saya menyatakan mengundurkan diri sebagai Rais Aam PBNU," kata Ma'ruf di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9/2018).

Diakui KH Ma'ruf, bahwa dirinya sudah bertekad menjalankan tugas itu sejak dilantik sebagai Rais Aam PBNU. Namun, dia dihadapkan pada pilihan lain untuk maju sebagai calon Wakil Presiden.

"Konsekuensinya, saya harus mundur sebagai tugas dari Rais Aam, sebagaimana diatur dalam AD/ART Nahdlatul Ulama. Saya tunduk dan patuh pada AD/ART tersebut," ujarnya.

Surat-Pengunduran-diri-Maruf-Amin.jpg

Kendati demikian, KH Ma'ruf Amin meminta agar pengunduran diri itu tak mengubah statusnya di tubuh Nahdlatul Ulama. Dirinya menyatakan tetap sebagai kader NU.

"Meskipun demikian, saya sampaikan di mana pun dan kapan pun saya adalah kader Nahdlatul Ulama," tandas KH Ma'ruf Amin.

Merujuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PBNU, KH Ma'ruf Amin menyerahkan jabatan Rais Aam kepada wakilnya, yakni Miftahul Akhyar.

KH Ma'ruf Amin menjabat Rais Aam PBNU periode 2015-2020. Lahir di Tangerang pada 75 tahun lalu, Ma'ruf selain aktif di PBNU, ia juga menjabat sebagai Ketua Umum MUI. Namun, dirinya memilih nonaktif dari jabatan itu lantaran menjadi Cawapres pendamping Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES