Peristiwa Daerah

Temui Masyarakat Silo, Faida Tegaskan Tetap Tolak Tambang

Jumat, 21 September 2018 - 20:25 | 21.70k
Bupati Jember dr Faida saat menemui masyarakat Silo. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Bupati Jember dr Faida saat menemui masyarakat Silo. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERBupati Jember dr Faida datang langsung menemui masyarakat di sekitar kawasan hutan Silo, di Jember. Kunjungan Faida ini dalam rangka menyampaikan perihal pertemuannya dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan menyatakan menolak Surat Keputusan (SK) Kementerian ESDM terkait pemberian Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) dan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) kepada Blok Silo.

"Hari ini saya sampaikan secara langsung hasil pertemuan saya dengan pak Menteri Jonan. Masyarakat tidak perlu khawatir bahwa saya dari awal berkomitmen menolak tambang Silo," kata Faida di Silo, Jumat (21/9/2018).

Ia mengatakan hasil surat keberatan terkait izin pertambangan Blok Silo telah diberikan ke Jonan. Respon Jonan, kata dia, bersedia mencabut asal mendapat rekomendasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Penerbitan izin itu lanjut Faida, mengacu pada rekomendasi Pemprov Jatim bahwa kawasan Silo mempunyai potensi tambang emas yang bisa dilakukan eksplorasi.

"Saya lihat rekomendasinya bukan ditandatangi oleh Gubernur tapi Kepala Dinas ESDM Provinsi," ucapnya.

Untuk memastikan agar praktik tambang Blok Silo tidak berlanjut, Faida mengatakan telah berkoordinasi dengan Gubernur Jatim Soekarwo agar segera mengeluarkan surat rekomendasi. "Koordinasi kita bukan hanya saat ini saja tapi sudah dari dulu. Dan saya komitmen kita sama," katanya.

Kementerian ESDM baru saja mengeluarkan SK Nomor 1802 K/30/MEM/2018 yang menyatakan kawasan hutan Silo di Jember seluas lebih dari 4000 hektar masuk dalam kawasan tambang yang boleh dieksplorasi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES