Tekno

Peringati Hari Tani Nasional, Kemendes PDTT RI Luncurkan Smart Farming 4.0

Jumat, 21 September 2018 - 12:55 | 76.23k
Smart Farming 4.0. (FOTO: LIFE VITISOM)
Smart Farming 4.0. (FOTO: LIFE VITISOM)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka menyambut Hari Tani NasionalKemendes PDTT RI (Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia), meluncurkan Smart Farming 4.0.

Peluncuran terssebut berlangsung di Desa Battal, Kecamatan Panji, Situbondo, Jawa Timur dan bekerjasama dengan PT. MSMB (Mitra Sejahtera Membangun Bangsa).

Smart Farming 4.0, merupakan metode pertanian cerdas berbasis teknologi. Teknologi yang digunakan, di antaranya agre drone sprayer atau drone penyemprot pestisida dan pupuk cair, drone surveillance atau drone untuk pemetaan lahan, dan soil and weather sensor atau sensor tanah dan cuaca.

Teknologi karya anak bangsa tersebut, merupakan hasil produksi RiTx, unit bisnis PT MSMB, sebuah perusahaan agrikultur dari Yogyakarta.

Dirjen PDT (Direktorat Jederal Pembangunan Daerah Tertinggal), Samsul Widodo mengatakan, bahwa penerapan teknologi di sektor pertanian, mampu meninglatkan potensi daerah.

“Teknologi seperti ini, sangat perlu untuk pertanian di Indonesia, agriculture bisa jadi agri”cool”ture dan menarik minat anak muda untuk bertani. Potensi daerah pun bisa meningkat,” katanya Jumat (21/9/2018).

Sementara peringatan Hari Tani Nasional jatuh pada hari Sabtu (22/9/2018). Untuk itu, Kemendes PDTT RI merayakannya dengan meluncurkan Smart Farming 4.0. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES