Kesehatan

Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan, Apa Saja?

Jumat, 21 September 2018 - 01:25 | 85.42k
Akupunktur untuk Kesehatan. (FOTO: medicalnewstoday)
Akupunktur untuk Kesehatan. (FOTO: medicalnewstoday)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAkupunktur adalah pengobatan tradisional asal Tiongkok dengan menusukkan jarum yang sangat tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh. Dikutip dari Mayo Clinic, akupunktur dikenal sebagai teknik untuk menyeimbangkan aliran energi yang dipercaya mengalir melalui jalur meridian di tubuh. 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa terapi akupunktur dapat meringankan gejala berbagai kondisi medis. Akupunktur memang tidak bisa menggantikan kunjungan ke dokter dan pengobatan modern sepenuhnya. Namun, tak ada salahnya mencoba terapi yang satu ini di samping pengobatan dokter.

Lebih jelasnya, berikut adalah manfaat-manfaat akupunktur bagi kesehatan yang dilansir dari Hello Sehat.

1. Meredakan Rasa Sakit

Biasanya, akupunktur menjadi salah satu pengobatan yang paling dicari saat seseorang mengalami rasa sakit di beberapa bagian tubuh seperti punggung bawah, lutut, dan juga leher.

Penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa akupunktur bekerja dengan baik untuk mengurangi rasa sakit akibat nyeri punggung dan leher, sakit kepala kronis, dan juga nyeri bahu.

2. Mengatasi Masalah Kesuburan

Jeff Millison, ketua Acupuncture and Oriental Medicine Department di Maryland University, Amerika Serikat menyatakan bahwa akupunktur telah terbukti efektif mendorong kesuburan bagi wanita yang sedang menjalani program bayi tabung maupun mencoba hamil secara alami.

3. Mengurangi Efek Samping Kemoterapi

Terapi akupunktur dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi, dan juga terapi radiasi seperti mual, ruam, rasa sakit di bagian tubuh tertentu, hingga badan lemas. Nah, terapi yang satu ini membantu mendinginkan tubuh dan meringankan kelebihan panas serta peradangan sebagai akibat dari efek samping kedua pengobatan tersebut.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda mengalami insomnia, maka tidak ada salahnya mencoba terapi yang satu ini. Pasalnya, dikutip dari Reader’s Digest, sebuah penelitian tahun 2013 menemukan bukti bahwa akupunktur bekerja lebih efektif dibandingkan dengan obat tidur yang diresepkan. Pengobatan tradisional ini bisa mengatasi gangguan tidur seperti sulit tidur, sering terbangun di tengah malam, atau bangun terlalu pagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES