Peristiwa Daerah

Isi Kuliah Umum, Hashim Djojohadikusumo Ungkap Kondisi 'Horor' Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 15:43 | 52.92k
Kuliah tamu di FIA UB, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (20/9/2018). (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Kuliah tamu di FIA UB, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (20/9/2018). (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Founder Astari Grup, Hashim Djojohadikusumo menjelaskan kondisi Indonesia yang cukup 'horor'. Adik calon presiden Prabowo Subianto ini, mengungkapkan berbagai masalah yang tengah dihadapi Indonesia selama satu dekade terakhir.

"Ini memang horor, tapi kita harus sadar dan segera selesaikan ini," kata Hashim, usai mengisi kuliah tamu di FIA UB, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (20/9/2018).

Hashim mengatakan meteri kuliah ilmiah ini bukan pertama kali disampaikan di FIA UB saja. Namun, sejak 10 tahun lalu materi ini disampaikan pada generasi muda untuk menyampaikan masalah yang sedang dihadapi.

"Kuliah ilmiah bukan pertama kali sudah lima sampai enam kali seperti Unhas dan UGM. Sebagai pengusaha di luar, saya pantau Indonesia. Sosial ekonomi memang kurang baik," tambahnya.

Ia menyebutkan Masalah yang dihadapi pertama kesehatan masyarakat. Ia melihat kesehatan masyarakat terus memburuk. Salah satunya, kekerdilan yang terjadi pada generasi penerus bangsa karena gizi buruk.

"Ini menyebabkan otak mereka terganggu, sehingga dewasanya akan sulit mencerna tantangan zaman," terangnya.

Selain itu, pendidikan nasional yang terus berada di rangking bawah. Ia mengatakan dibandingkan Vietnam yang berada di posisi 8, Indonesia berada di bawah di negara-negara ASEAN.

"Masalah ini sudah saya bahas sejak 2008 bahkan 2014 lalu. Semua harus mulai diselesaikan segera," katanya.

Lebih lanjut, Hashim Djojohadikusumo membahas tentang masalah sampah dan energi fosil yang akan segera habis. Oleh karena itu, ia berharap akan ada solusi atau pun inovasi dari para mahasiswa untuk menyelesaikan berbagai masalah ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES