Pendidikan

Tiga Siswa di Gresik Juara Lomba Robot di Malaysia

Kamis, 20 September 2018 - 15:50 | 101.38k
Tiga siswa MTs Tarbiyatul Wathon Kabupaten Gresik memamerkan piagam penghargaan saat menjuarai kontea robot Internasional di Malaysia. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Tiga siswa MTs Tarbiyatul Wathon Kabupaten Gresik memamerkan piagam penghargaan saat menjuarai kontea robot Internasional di Malaysia. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Siswa MTs Tarbiyatul Wathon, Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, tiga siswa menjuarai kontes robot di Malaysia. 

Kontes di ajang Internasional Islamic School Robot Olympiad 2018 berlangsung di Internasional Islamic University Malaysia (IIUM) itu diikuti 138 peserta dari negara se-Asia.

siswa-MTs-Tarbiyatul-Wathon-2.jpg

Mts Tarbiyatul Wathon berhasil menyabet juara dua dan tiga dalam dua kategori.

 M Zamanul Khoir (14) itu menyabet juara tiga, dirinya tak percaya bisa juara di ajang robotik internasional. 

Karya miliknya adalah gathering berfungsi mengambil barang sesuai dengan program yang telah ditentukan. 

Begitu pula dengan dua temannya, M Fatih Sya’roni (14) dan M Shobahun (14). Keduanya juga menyabet predikat yang sama kategori robot under water. 

"Robot tersebut bisa mengambil benda di dalam dasar air dan memindahkan ke lokasi yang lain," kata M Fatih, Kamis (20/9/2018). 

Fatih menjelaskan, pembuatan robot underwater itu terinspirasi dari cara kerja perahu nelayan. "Sehingga mempunyai ide membuat robot yang bisa mengambil benda di dasar air atau laut. Kemudian diangkat ke permukaan,” pungkasnya. 

Sementara itu, Waka Penjaminan Mutu Yayasan Tarbiyatul Wathon Mohammad Lazim menjelaskan, keberhasilan anak didiknya berkat semangat dan tekat yang kuat. 

Meski dengan keterbatasan finansial, pihaknya bangga anak didiknya bisa mendapatkan hasil membanggakan. 

“Meski dengan keterbatasan finansial, namun kami bersyukur mendapatkan prestasi yang membanggakan," ujarnya. 

Rasa bangga itu juga dirasakan, M Faizal Mubarok, Kepsek MTs Tarbiyatul Wathon. Dia menambahkan, dalam ajang tersebut pihaknya hanya mengutus ketiga muridnya. "Tidak disangka semuanya mendapatkan juara," pungkasnya bangga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES