Peristiwa Daerah

Polres Jember Tutup Puluhan Galian Tambang di Gunung Manggar

Kamis, 20 September 2018 - 14:06 | 19.62k
Penutupan galian tambang ilegal di Gunung Manggar, Wuluhan, Jember, Jawa Timur. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Penutupan galian tambang ilegal di Gunung Manggar, Wuluhan, Jember, Jawa Timur. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERPolres Jember menutup puluhan galian tambang ilegal di Gunung Manggar, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur. 

"Polres Jember bersama Perhutani dan TNI bersama-sama hari ini menertibkan aktivitas tambang di Gunung Manggar, Kecamatan Wuluhan," tutur Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di lokasi tambang yang akan ditutup, Kamis (20/9/2018).

Ia mengatakan pihaknya bersama Perhutani akan melakukan dua upaya yakni preventif dan represif agar praktek tambang ilegal di Gunung Manggar tidak terulang. Upaya preventif kata Kusworo, Polres Jember akan rutin melakukan penutupan galian tambang satu kali setiap bulan. 

"Jadi sebelum mereka berhasil memperoleh apa yang diinginkan, kami sudah tutup galiannya. Ini akan memberikan efek jera," katanya. 

Sedangkan upaya represif atau penegakan hukumnya, polisi akan menjerat penambang dengan UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dengan ancaman 15 tahun penjara. 

"Sedangkan pengepulnya akan kami jerat dengan Pasal 161 UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Minerba," ucapnya. 

Sementara itu Adm Perhutani Jember Ahmad Basuki menyebut ada 100 galian tambang yang tersebar di Gunung Manggar. Jumlah ini, menurun dari tahun lalu yang mencapai lebih dari 200 galian. 

"Kalau diestimasi setiap lubang ada empat orang penambang, berarti ada sekitar 400 orang yang terlibat penambangan di sini," katanya. 

Basuki mengatakan, problem penambangan di Gunung Manggar adalah lemahnya pengawasan karena medan cukup berat. Pelaku penambang ilegal dapat dengan mudah kabur jika mengetahui ada petugas Perhutani datang.

"Total ada 4 hektare dijarah dari luas hutan 41 hektare," ucapnya. 

Dari pantauan TIMES INDONESIA yang mengikuti Polres Jember, lokasi galian tambang berada di tengah hutan Gunung Manggar. Lokasi penambangan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh sekitar 5 kilometer dengan medan berbukit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES