Kesehatan

Jangan Sepelekan Kebiasaan Menggigit Kuku, Ini Bahayanya untuk Tubuh

Kamis, 20 September 2018 - 05:27 | 38.62k
Ilustrasi - Bahayanya Menggigit kuku (FOTO: healindonesia.com)
Ilustrasi - Bahayanya Menggigit kuku (FOTO: healindonesia.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan menggigit kuku bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Namun, tahukah Anda menggigit kuku bisa menjadi gejala masalah yang lebih besar seperti gangguan obsesif-kompulsif (OCD) atau depresi. Terlepas dari alasan yang ada di baliknya, kebiasaan menggigit kuku membawa bahaya tersendiri untuk kesehatan tubuh.

Apa saja bahaya yang disebabkan oleh kebiasaan menggigit kuku? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Sebarkan Kuman ke Mulut

Tangan dan kuku Anda penuh dengan bakteri, jamur, dan kuman berbahaya lainnya. Kebiasaan menggigit kuku menyebabkan meningkatnya kemungkinan risiko terinfeksi. Kuku Anda adalah lokasi ideal untuk bakteri seperti salmonella dan E. coli.

2. Menyebabkan Masalah Perut

Anda menggigit kuku, maka mikroba berbahaya dipindahkan dari kuku ke mulut dan berjalan ke usus Anda. Begitu berada di dalam perut, mikroba ini dapat menyebabkan infeksi gastrointestinal yang menyebabkan diare dan sakit perut.

3. Menyebabkan Infeksi Kuku

Menggigit kuku meningkatkan risiko infeksi kuku. Saat Anda menggigit kuku, lecet kecil terjadi di sekitar kulit dekat kuku Anda. Bakteri, ragi dan mikroorganisme berbahaya lainnya dapat masuk melalui luka tersebut sehingga meningkatkan risiko infeksi. Infeksi dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan dan nanah di sekitar kuku Anda, yang bisa sulit diobati.

4. Menyebabkan Masalah pada Gigi

Menggigit kuku dapat mengganggu oklusi gigi yang tepat dan gigi dapat bergeser dari posisi semula. Gigi juga bisa retak karena hal itu. Studi lain pada 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Contemporary Dental Practice menegaskan bahwa kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan cedera traumatik periodontal yang menghasilkan komplikasi yang lebih serius, seperti abses gingiva.

Itulah empat masalah kesehatan tubuh yang bisa muncul karena kebiasaan menggigit kuku. Mulai sekarang hindari kebiasaan ini ya! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES