Kesehatan

Awas! Kekurangan Vitamin D Tingkatkan Risiko Masalah Rambut Ini

Kamis, 20 September 2018 - 04:29 | 40.24k
Ilustrasi - Kekurangan vitamin D meningkatkan risiko masalah rambut (FOTO: Beauty Journal)
Ilustrasi - Kekurangan vitamin D meningkatkan risiko masalah rambut (FOTO: Beauty Journal)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Vitamin D adalah nutrisi penting yang memainkan peran dalam banyak fungsi tubuh, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga tulang tetap kuat dan kulit tetap sehat, merangsang pertumbuhan sel, dan menciptakan folikel rambut baru. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk rambut rontok. Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan alopecia, yang dikenal sebagai kebotakan.

Bagaimana bisa kekurangan vitamin D menyebabkan rambut rontok?

Vitamin D bertugas merangsang folikel rambut, sehingga kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rambut rontok.

Ada beberapa bukti bahwa kekurangan vitamin D memang menyebabkan kerontokan rambut dan masalah rambut lainnya. Vitamin D menstimulasi folikel rambut untuk tumbuh, sehingga ketika tubuh tidak memiliki cukup vitamin D, rambut bisa terpengaruh.

Kekurangan vitamin D juga dapat dikaitkan dengan alopecia areata, kondisi autoimun yang menyebabkan rambut rontok merata.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan alopecia areata memiliki tingkat vitamin D yang jauh lebih rendah daripada orang yang tidak memiliki alopecia.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wanita yang memiliki jenis rambut rontok lainnya juga memiliki tingkat vitamin D yang lebih rendah. Ketika asupan vitamin D dalam tubuh Anda tidak cukup, maka pertumbuhan rambut dapat terhambat. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak kekurangan Vitamin D agar tidak mengalami masalah rambut seperti di atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES