Peristiwa Daerah

Ingin Daftar CPNS? Ini Persiapan yang Harus Anda Lakukan

Rabu, 19 September 2018 - 16:37 | 54.76k
ILUSTRASI: Tes CPNS. (FOTO: Tribunnews)
ILUSTRASI: Tes CPNS. (FOTO: Tribunnews)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pengumuman pendaftaran untuk Calon Pegawai Ngeri Sipil (CPNS) Tahun 2018, hari ini, Rabu (19/9/2018) resmi dibuka. Bagi anda yang ingin melamar CPNS ini, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon pelamar wajib memiliki Surat Elektronik (email) yang masih aktif, selain itu calon pelamar wajib mempersiapkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor Kartu Keluarga dan NlK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai dengan pada Kartu Keluarga calon pelamar.

Selain itu, calon pelamar juga harus mempersiapkan beberapa dokumen yang harus diunggah saat pendaftaran secara online, yakni;

a. Pas foto terbaru tampak depan, berwarna, belatar belakang merah berukuran ukuran 3 x 4 dengan format JPEG dan memiliki ukuran maksimal 200 kb. 

b. Surat Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6 ribu yang ditujukan kepada Bupati Lamongan Cq Ketua Tim Seleksi CPNS Kabupaten Lamongan Tahun 2018 dengan format PDF dan memiliki ukuran maksimal 300 kb. 

c. Kartu Tanda Penduduk dengan format PDF dan memiliki ukuran maksimal 300 kb. 

d. Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang dengan format PDF dan memiliki ukuran maksimal 300 kb. 

e. Sertifikat Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan format PDF dan memiliki ukuran maksimal 300 kb. 

f. Hasil Swafolo (selfie) dengan memegang KTP dan Kartu Infomasi Akun. 

g. Kartu Tanda Bukti Nomor Ujian Tenaga Honorer Kategori II Tahun 2013 dengan format PDF dan memiliki ukuran maksimal 300 kb khusus bagi pelamar dari eks tenaga honorer Kategori II.

"Hanya itu yang harus diunggah, nanti ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh pelamar jika pelamar dinyatakan lulus pada tahap SKD (Seleksi Kompetisi Dasar), kalau untuk pendaftaran online hanya dibutuhkan itu saja," kata Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lamongan, Siti Robikah, Rabu (19/9/2018).

Robikah menuturkan, bagi pelamar yang ingin mendaftar CPNS ini, hanya bisa dilakukan dengan melakukan pendaftaran secara online melalui portal resmi SSCN dengan alamat https://sscn.bkn.go.id

"Namun bagi pelamar yang ingin lebih mengetahui secara detail untuk syarat CPNS maupun formasi CPNS  yang ada di Lamongan, pelamar bisa mengakses web resmi BKD Lamongan," ujarnya.

Situs resmi BKD Lamongan yakni www.bkd.lamongankab.go.id, di website BKD Lamongan ini selain terdapat pengumuman resmi penerimaan CPNS Pemerintah Kabupaten Lamongan Tahun 2018, juga disediakan simulasi Computer Assisted Test (CAT).

Seperti diketahui, untuk tahapan seleksi CPNS ini ada 3 tahapan yang harus dilalui oleh para pelamar. Tahapan tersebut dilakukan dengan sistem gugur, 3 tahapan seleksi yang harus dilalui yakni seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang sama-sama menggunakan (CAT).

Kabupetan Lamongan menjadi salah satu titik tempat untuk tahapan SKD. Di Lamongan SKD ini akan dilaksanakan di Gedung SABUGA Universitas Darul Ulum (Unisda) Lamongan, Jl Airlangga03 Merjoyo, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim).

"Alhamdulillah untuk tempat persiapan kita sudah siap, Unisda sudah siap," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES