Peristiwa Daerah Ekspedisi Gubernur

Kepada Tim Ekspedisi, Gubernur Irwan Prayitno Ungkap Strategi Kurangi Angka Kemiskinan

Selasa, 18 September 2018 - 23:34 | 55.04k
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (FOTO: Rizki Dwi Putra)
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (FOTO: Rizki Dwi Putra)

TIMESINDONESIA, PADANG – Sumatera Barat berhasil menekan angka kemiskinan hingga 6,8% dan terus turun tiap tahunnya. Kepada Tim Ekspedisi Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengungkapkan strateginya dalam mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan Sumatera Barat.

Sebagai provinsi dengan penerimaan daerah terbesar dari sektor pertanian, Irwan melihat pihak utama yang perlu disejahterakan di Sumbar adalah para petani.

"Sebanyak 23,8% penerimaan daerah adalah dari pertanian, perputaran ekonomi terbesar ada di pertanian dan tidak ada industri besar di Sumbar kecuali Semen Padang, sehingga bicara kesejahteraan rakyat harus bicara kesejahteraan petani," ungkap Irwan pada Selasa (18/9) di Rumah Dinas Gubernur Sumbar di Padang.

Maka semua dinas di Sumatera Barat diarahkan untuk fokus mensejahterakan petani dalam artian yang luas, baik di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

"Jangan sampai program untuk rakyat seperti gerimis, ada terasa tapi tidak mengena, tapi harus seperti hujan deras yang dirasakan manfaatnya, sehingga apa yang kita sebut Gerakan Pensejahteraan Petani diurus semua dinas tidak hanya dinas pertanian," jelas Guru Besar Psikologi ini.

Gerakan Penyejahteraan Petani dilakukan dengan cara membuat petani mampu memenuhi kebutuhan pangannya terlebih dahulu dengan memberikan bibit sayur hingga hewan ternak.

"Mensejahterakan Petani tak bisa dengan mengalihkannya ke pekerjaan yang lain, maka kami buat rumah tiap petani menjadi rumah pangan lestari, diberi bermacam bibit sayuran, di belakang diberi ternak itik, diberi bibit coklat di halaman, diberi ikan lele dengan kolam terpal, sehingga minimal untuk makan sendiri tak perlu beli, lebih lanjut petani bisa mendapat penghasilan tamhahan dengan menjualnya," papar Irwan.

Kemudian untuk nelayan, Irwan menjelaskan program Penyejahteraan Masyarakat Pesisir dengan memberikan bantuan jala, lemari pendingin, kapal mesin tempel sehingga nelayan bisa memperbanyak hasil tangkapan.

Lalu di sektor peternakan, Irwan menggagas aplikasi i-Ternak yang menghubungkan peternak dengan investor sehingga membantu Peternak mendapatkan akses modal. 

Dari berbagai upaya memberikan kail ketimbang ikan tersebut, berdasarkan survei yang dilakukan Pemprov Sumbar penghasilan masyarakat cukup meningkat pesat.

"Penghasilan petani dan nelayan meningkat dari tidak sampai satu juta rupiah per bulan, mencapai hingga 4 juta rupiah per bulan," pungkas Irwan.

Sumatera Barat adalah provinsi ke-5 yang disambangi oleh Tim Ekspedisi Gubernur dari APPSI, selepas dari Sumbar tim ekspedisi akan melanjutkan perjalanan ke Jambi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES