Kesehatan

Perut Tak Nyaman karena Susah BAB? Atasi dengan Lima Makanan Ini

Rabu, 19 September 2018 - 07:09 | 136.02k
ILUSTRASI. (FOTO: Istimewa)
ILUSTRASI. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Susah buang air besar (BAB) atau yang biasa disebut dengan konstipasi, adalah kondisi saat feses menjadi lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan sehingga frekuensi buang air besar lebih jarang dari biasanya. Untuk mencegah konstipasi daripada minum obat pencahar, lebih baik mengonsumsi makanan sehat yang juga dapat berfungsi sebagai pencahar alami. Apa saja makanan yang bisa mengatasi susah BAB? Yuk, simak ulasannya berikut ini, seperti dilansir dari Klik Dokter.

1. Semangka

Semangka efektif untuk menjaga Anda buang air besar secara teratur karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Buah ini juga menyimpan air yang banyak di dalamnya, sehingga dapat membuat organ pencernaan terus bergerak.

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh, seperti quinoa, beras merah, gandum utuh, oatmeal, dan barley, mengandung serat tinggi yang membantu melunakkan feses. Ini menjadikannya baik untuk menormalkan gerakan usus hingga mencegah wasir.

3. Buah Berry

Buah berry, seperti blueberry dan stroberi, mengandung komponen kesehatan usus yang sangat penting yang bernama pektin. Serat larut tersebut dapat membuat makanan yang dimasak menjadi lebih lembut dan mudah dicerna tubuh.

4. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran hijau gelap mengandung magnesium, mineral yang membantu melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah untuk dilewatkan. Kale, misalnya, lebih dari sekadar tren makanan karena ia juga dianggap sebagai salah satu pencahar alami terbaik.

5. Yoghurt

Yoghurt dan kefir mengandung probiotik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus. Probiotik adalah mikroorganisme kecil yang memecah serat. Ketika Anda memiliki lebih banyak bakteri baik, hal itu akan membantu pembuangan lebih lancar dan cepat.

Cobalah mengatasi susah BAB dengan lima makanan di atas! Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk mencegah konstipasi berulang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES