Kesehatan

Awas! 4 Penyakit Ini Bisa Muncul pada Orang Obesitas

Rabu, 19 September 2018 - 05:10 | 80.87k
Obesitas (FOTO: Klikdokter)
Obesitas (FOTO: Klikdokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Angka penderita obesitas di Indonesia semakin tinggi satiap tahunnya. Terhitung dari 2007 hingga saat ini, sebanyak 13,9 persen naik menjadi 19,7 persen pada laki-laki, sementara pada perempuan dari 14 persen naik menjadi 30 persen. Berdasarkan data tersebut, dr. Christopher Andrian M.Gizi, Sp.GK, memberikan penjelasan tentang bahaya obesitas yang menyebabkan munculnya penyakit kronis jika tidak segera ditangani.

Berikut beberapa penyakit yang muncul pada penderita obesitas menurut dr. Christopher Andrian.

1. Serangan Jantung

Penyakit obesitas menyebabkan serangan jantung karena penumpukan kolesterol dalam tubuh. Biasanya, orang yang mengalami kegemukan, lemak dan kolesterolnya bermasalah, begitupun HDL (lemak baik), LDL (lemak jahat), dan Trigliserin yang mengalami mengalami peningkatan.

2. Diabetes

Ada beberapa orang yang gemuk, tapi belum bisa dibilang kencing manis, gula darah kuarsanya tinggi, gula darah sewaktunya normal, atau sebaliknya, gula darah sewaktunya tinggi, gula darah kuarsanya normal. Dengan kondisi tersebut, biasanya dokter belum mendiagnosis apakah itu adalah kencing manis.

dr. Christopher Andrian mengimbau untuk berhati-hati bahwa kondisi tersebut bisa saja menjadi kencing manis, itu bisa disebut pre-diabet. Jika pre-diabet tidak ditangani, seperti pola makan tidak diatur, jarang berolahraga, dan tidak cukup tidur. Ini akan menjadi kencing manis, dan diperkirakan lima tahun mendatang pasti disarankan minum obat secara terus-menerus.

3. Demensia

Kegemukan menyebabkan cepat pikun atau demensia, dan juga dapat menyebabkan kanker. Mengapa? Karena inflamasi atau radang pada orang yang lebih gemuk itu cenderung lebih tinggi dibandingkan orang biasa atau normal.

4. Sindrom Ovarian Polikistik

Apa itu poligistik ovarian sindrom? Ada perempuan gemuk susah punya anak. Itu berhubungan dengan hormonal di badannya, karena lemaknya terlalu tinggi dan memengaruhi sel indung telurnya. Perempuan ini tidak fertil atau tidak subur.

Itulah bahaya obesitas yang perlu diwaspadai. Segera lakukan penangan secara tepat agar obesitas yang Anda alami tidak memicu penyakit kronis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Dokter Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES