Pendidikan

Menteri PPPA RI: Tumbuhkan Disiplin Positif Tanpa Kekerasan di Sekolah

Selasa, 18 September 2018 - 20:07 | 44.77k
Menteri PPPA RI, Yohana Yembise, berbicara pada sosialisasi penerapan disiplin positif dalam Mencegah Kekerasan Terhadap Anak, Selasa (18/9/2018) di Berau, Kalimantan Timur. (FOTO: Kemnterian PPPA RI)
Menteri PPPA RI, Yohana Yembise, berbicara pada sosialisasi penerapan disiplin positif dalam Mencegah Kekerasan Terhadap Anak, Selasa (18/9/2018) di Berau, Kalimantan Timur. (FOTO: Kemnterian PPPA RI)

TIMESINDONESIA, BERAU – Menumbuhkan kedisiplinan pada siswa tanpa kekerasan, dapat dilakukan melalui penerapan disiplin positif oleh guru dan tenaga pendidik. Hal tersebut disampaikan Menteri PPPA RI (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI), Yohana Yembise.

Menteri Yohana mengatakan, guru mempunyai kewenangan untuk membentuk anak. Penerapan disiplin positif sebagai budaya mendorong kemampuan anak dalam mengelola perilakunya secara positif.

"Dilakukan dengan membangun nilai kedisiplinan secara mandiri, bukan melalui kekerasan atau hukuman," kata dia, Selasa (18/9/2018) di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 

Menteri Yohana juga menekankan pentingnya pengawas sekolah, kepala sekolah, komite sekolah, dan guru-guru untuk memahami disiplin positif.

Dengan pemahaman utuh, mereka dapat membangun pembelajaran dan menciptakan lingkungan sekolah tanpa kekerasan. Penerapannya harus dilakukan secara konsisten, sebab anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah.

Selama ini, orang tua dan guru meyakini penggunaan hukuman baik fisik maupun psikis efektif dalam membentuk perilaku anak atau siswa menjadi disiplin. "Padahal sebaliknya, anak bisa saja meniru kekerasan tersebut. Itu bisa memicu mereka melakukan kekerasan dalam rumah tangga dikemudian hari,” ungkapnya.

Menteri PPPA RI Yohana Yembise berpesan, dengan penerapan disiplin positif, potensi kekerasan di lingkungan sekolah jangan terjadi. Pemerintah daerah juga diminta berperan aktif melindungi anak-anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES