Peristiwa Daerah

ACI Nobatkan Bandara Ngurah Rai sebagai Bandara Terbaik

Selasa, 18 September 2018 - 17:42 | 44.06k
Bandara I Gusti Ngurah Rai. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Bandara I Gusti Ngurah Rai. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BADUNGBandar Udara I Gusti Ngurah Rai meraih tiga penghargaan internasional dari Airport Council International (ACI), yakni sebagai bandara terbaik dunia.

Penghargaan dalam rangka Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017 itu deberikan di Halifax, Nova Scotia, Kanada, Rabu (12/9/2018) lalu.

Seremonial penganugerahan tersebut diberikan oleh Direktur Jenderal ACI World, Angela Gittens kepada Co. General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Sigit Herdiyanto. 

Adapun tiga penghargaan yang berhasil diraih Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, yaitu peringkat pertama bandar udara terbaik di dunia kategori bandar udara berpenumpang 15 sampai 25 juta orang per tahun. 

Kedua, bandar udara terbaik di Asia-Pasifik berpenumpang di atas 2 juta orang per tahun. Kemudian terakhir bandar udara terbaik di Asia-Pasifik, kategori bandar udara berpenumpang 15 samapai 25 juta orang pertahun.

"Kami meyakini bahwa seluruh stakeholders  yang ada di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali terus akan memberikan pelayanan yang optimal guna kepuasan pengguna Jasa Bandar Udara mulai dari Airline Operators, Mitra Usaha, Ground Handling Operators dan sebagainya," ujar Sigit Herdiyanto, di Kantor Bandara I Gusti Ngurah Rai, Selasa (18/9/2018).

Penilaian yang menjadi unggulan ASQ Awards 2017 di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, adalah ruang tunggu yang nyaman, petugas service yakni customer service officer maupun Guest Relations Officer (GRO) yang dengan sigap melayani, tingkat keamanan yang sangat tinggi dari airport security, serta kenyamanan fasilitas parkir mobil yang tersedia di multilevel car park (MLCP), serta ambience airport termasuk commercial area yang berstandar bandar udara kelas dunia.

“Komitmen perbaikan secara terus menerus yang dilakukan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dalam meningkatkan level of service terhadap pengguna jasa Bandar Udara, beberapa diantaranya dilakukan dengan diselenggarakannya berbagai macam kegiatan hiburan di ruang tunggu keberangkatan penumpang pada saat penyelenggaraan thematic event," imbuh Sigit.

"Selain itu, petugas customer service juga sudah mendapatkan pelatihan Bahasa Mandarin dasar untuk membantu penumpang dalam berdialog dimana saat ini kunjungan wisman yang melalui Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai didominasi  oleh turis China,  dan juga multi-level car park yang dilengkapi dengan parking guidance system yang memudahkan pengguna jasa bandar udara untuk menemukan lokasi parkir yang masih tersedia," jelas Sigit. 

Sigit menambahkan, untuk inovasi pelayanan di tahun 2017 juga didukung dengan adanya repacking area di Terminal Keberangkatan Internasional yang merupakan satu-satunya di bandar udara Indonesia. Fasilitas ini disediakan dengan pertimbangan karakteristik penumpang mancanegara yang selalu melakukan repacking baggagenya sebelum melakukan proses checkin.

“Di tahun 2018 banyak inovasi pelayanan yang dihadirkan oleh Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai yakni penambahan mesin Autogate Keimigrasian, mesin body scanner dan juga smartlane X-ray pada area pemeriksaan screening check point di Terminal Internasional, dan untuk kecepatan proses check-in, disediakan mesin self check-in service yang memudahkan penumpang tanpa harus mengantre,” tutup Sigit. 

Perlu diketahui, ASQ Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi Bandar Udara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia yang dilakukan oleh ACI sebuah organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada. Penilaian ASQ Awards dilakukan berdasarkan survei kepuasan, sekitar 600 ribu orang pengguna jasa Bandar udara menjadi partisipan survei ini setiap tahunnya. 

Sementara sejak tahu 2006, ASQ telah melakukan pengukuran kepuasan pengguna jasa bandar udara, dengan lebih dari 340 Bandar Udara yang berpartisipasi di 85 negara dengan metodologi ilmiahnya, prosedur kontrol kualitas yang ketat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES