Kesehatan

Rajin Makan Buah Selama Hamil Bisa Lahirkan Bayi Cerdas, Lho!

Rabu, 19 September 2018 - 03:27 | 76.55k
Makan buah. (FOTO: Detik.com)
Makan buah. (FOTO: Detik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wanita hamil sangat disarankan memperhatikan asupan gizi selama masa kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi adalah salah satunya. Selalu sempatkan untuk makan buah saat hamil untuk menunjang kehamilan Anda. Pasalnya makan buah bisa meningkatkan peluang melahirkan bayi cerdas.

Ahli gizi di Kanada, seperti ditulis Telegraph, mengungkapkan selama wanita hamil makan buah lebih mungkin melahirkan anak yang lebih cerdas, daripada mereka yang tidak. Dalam jurnal EbioMedicine disebutkan, janin yang lahir dari rahim ibu yang sering makan buah, IQ anaknya lebih tinggi saat usianya memasuki usia 12 bulan.

Lantas, buah apa saja yang baik dikonsumsi saat hamil? Dilansir dari Okezone, berikut lima jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi saat hamil dan bisa membuat anak lebih cerdas.

1. Kiwi

Buah kiwi kaya serat dan vitamin C. Ibu hamil harus memperbanyak makan buah kiwi yang bisa diolah menjadi tambahan salad, mojito kiwi, cake dengan topping kiwi dan sebagainya.

2. Melon

Buah melon yang dijus pasti bisa membantu melepaskan dahaga. Tak ada salahnya ibu hamil minum jus melon selama mengandung. Anda butuh banyak zat besi agar tidak mengalami anemia. Sementara melon juga mengandung vitamin C dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk tumbuh kembang janin.

3. Alpukat

Konsumsi alpukat semasa hamil membuat janin tumbuh dengan sehat. Karena alupukat mengandung asam lemak omega tiga yang baik untuk perkembangan otak janin. Selain itu, buah yang enak disantap dengan menu makanan apapun ini mengandung tinggi asam folat yang bermanfaat.

4. Semangka

Buah semangka mengandung banyak air yang fungsinya dapat menghindari Anda agar tidak dehidrasi. Ibu hamil harus banyak makan buah semangka agar tidak cepat lemas dan janin tetap terjaga kesehatannya.

5. Pisang

Buah pisang tinggi potassium yang bermanfaat untuk membangun metabolisme tubuh ibu dan janin. Jika Anda sarapan pisang paling tidak satu buah setiap pagi, bisa bikin perut kenyang tahan lama. Makan pisang secara rutin juga tidak menyebabkan lonjakan insulin dalam tubuh Anda yang punya efek samping.

Nah, mulai sekarang jangan malas makan buah saat hamil, ya. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk menunjang kebutuhan Anda dan janin yang ada dalam kandungan selama kehamilan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES