Gaya Hidup

Thalia Bagikan Tips Menjaga Mood Selama di Kantor, Apa Saja?

Selasa, 18 September 2018 - 12:19 | 46.72k
Tallia Deljou, psikolog dan pelatih karier di Mavenly + Co (FOTO: chilcreative)
Tallia Deljou, psikolog dan pelatih karier di Mavenly + Co (FOTO: chilcreative)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenjaga mood atau suasana hati yang positif selama di kantor itu susah-susah gampang. Pekerjaan yang menumpuk hingga tekanan dari atasan selalu sukses mengacaukan mood. Belum lagi ulah kawan sekantor yang menyebalkan, menambah mood semakin berantakan.

Meski suasana sangat tidak mengenakkan, Anda tak lantas segera mengundurkan diri dari pekerjaan anda bukan?

Tallia Deljou, psikolog dan pelatih karier di Mavenly + Co, seperti yang dilansir situs wellandgood, ada 5 cara untuk menjaga mood di kantor tetap positif, senang, dan bahagia.

1. Mencoba menggabungkan keahlian atau kemampuan yang dimiliki
Hanya duduk dan melakukan satu hal yang sama jelas membosankan. Itu sebabnya Tallia menyarankan untuk menggunakan berbagai kebisaan atau talenta dalam pekerjaan.

"Gairah dan komitmen akan muncul ketika Anda bisa melakukan perubahan dan memggunakan talenta lain untuk digunakan juga dalam pekerjaan Anda," terangnya.

Bekerja.jpgIlustrasi (FOTO: jobsindonesia)

Ada juga dapat mencoba untuk mengobrol dengan orang di divisi lain atau teman yang bekerja di kantor yang berbeda tetapi bergerak di industri yang sama. Siapa tahu keahlian atau tanggung jawab pekerjaan mereka bisa menginspirasi Anda menjalankan pekerjaan dan bisa memberi kontribusi di perusahaan Anda bekerja.

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dan mengkomunikasikan ide pekerjaan itu dengan atasan sebagai dukungan. "Tidak akan ada yang berubah jika kamu diam saja," tegas Tallia.

2. Belajar melihat gambaran yang lebih besar
Jika Anda bekerja di perusahaan besar, tugas dan tangung jawab pekerjaan biasanya akan spesifik sehingga sulit untuk melihat gambaran besarnya.

Bekerja-a.jpgIlustrasi (Foto: s25.postimg)

"Menjadi satu bagian dari teka-teki tanpa mengetahui seperti apa gambar secara keseluruhannya kadang membuat Anda mengerjakan pekerjaan tanpa tujuan. Jika Anda merasa pekerjaan Anda tidak berkaitan dengan orang disekitar, mulailah berkomunikasi rekan kerja di sekeliling Anda untuk mengetahui pekerjaan mereka. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambaran secara keseluruhan dan saling membantu. Kolaborasi adalah kunci," papar Thalia.

3. Memberi kontribusi atau pengaruh
Anda tidak perlu bekerja di sebuah organisasi amal untuk merasa apa yang dikerjakan bisa memberi kontribusi atau pengaruh pada lingkungan sekeliling. Belajarlah untuk mengapresiasi kisah sukses klien atau orang yang bekerja sama dengan Anda agar Anda juga merasa pekerjaan Anda memberi kontribusi.

"Sadari jika pekerjaan Anda mempengaruhi kehidupan orang-orang yang Anda layani. Jika tidak ada perasaan seperti itu, untuk apa bekerja di perusahaan tersebut?" jelasnya.

4. Menjadi pemimpin perubahan
Jika dipercaya untuk menjalankan proyek besar, jangan panik atau merasa terintimidasi.

"Selalu membuka diri untuk mengerjakan apapun. Belajar untuk selalu mengambil inisiatif dan terus mengkontribusikan yang terbaik untuk perusahaan. Jika alami kegagalan, analisa kegagalan dan terus memperbaiki diri. Sikap seperti ini akan memberi pengertian yang lebih baik akan pekerjaaan Anda dan membuat bangga atas pencapaian yang didapat," terang Tallia lebih lanjut.

Bekerja-b.jpgIlustrasi (Foto: sunlife)

5. Menganalisa hasil kerja sendiri
Anda tidak perlu menunggu sampai atas memberi feedback atas apa yang sudah dikerjakan. Langsung saja ajak atasan mengobrol sambil minum kopi di luar jam kantor dan meminta masukan dan komentar.


LIHAT JUGA: Awas, 9 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Anda Tak Produktif di Kantor


"Terus mencari feedback akan membantu mengetahui area mana yang Anda kuasai dan mana yang harus diperbaiki. Sangat penting mengetahui kemampuan kerja Anda sendiri untuk terus berkembang dan sukses," ungkapnya.

Tidak ada salahnya mencoba tips menjaga mood saat di kantor yang dipaparkan oleh Thalia. Namun yang lebih terpenting adalah fokuslah pada pekerjaan anda dan diri sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES