Pendidikan

ICGAB II Bahas Penguatan Sumber Daya untuk Pembangunan Berkelanjutan

Selasa, 18 September 2018 - 10:38 | 43.18k
Keynote speaker dalam konferensi ICGAB II menyampaikan pandangannya di Gedung Widyaloka UB. (FOTO: Imadudin M/Times Indonesia)
Keynote speaker dalam konferensi ICGAB II menyampaikan pandangannya di Gedung Widyaloka UB. (FOTO: Imadudin M/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) menggelar konferensi internasional, ICGAB (International Conference on Green Agriculture and Bioeconomy) II tahun 2018. Konferensi yang diikuti 7 negara ini membahas tentang pembangunan berkelanjutan dan penguatan sumber daya tropis untuk kesejahteraan sosial.

Dekan FTP UB, Prof Darminto Setyo Yuwono, mengatakan air, makanan, dan energi merupakan faktor penting dalam pembangunan berkelanjutan. Perubahan global meliputi peningkatan populasi, ekspansi perkotaan, gaya hidup, dan pola makan menjadi masalah kompleks yang harus dihadapi. 

"Saat ini dibutuhkan pendekatan yang mengintegrasikan air dan pangan, serta produksi pertanian untuk energi berkelanjutan," kata Darminto, dalam konferensi internasional yang berlangsung di Gedung Widyaloka, UB, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (18/9/2018).

konferensi-ICGAB-II-UB.jpg

Ia menyebutkan saat ini bioekonomi menjadi solusi dari masalah pembangunan berkelanjutan. Bioekonomi mampu memenuhi kebutuhan energi dengan memanfaatkan berbagai bidang yakni pertanian, kehutanan, makanan, kimia, farmasi, dan sumber energi terbarukan.

"Konferensi ICGAB ini merupakan ajang mendiskusikan, berbagi, dan saling bertukar ilmu pengetahuan," tambahnya.

Ia berharap dengan konferensi ini akan dapat memberikan solusi dan inspirasi pada para peserta, untuk turut menumbuhkan kesejahteraan nasional. Ia mengatakan konferensi ini juga diharapkan mampu mengembangkan green-agroindustry dan bioekonomi berdasarkan komunitas lokal dan tropis, yang tetap mempertahankan kelestarian lingkungan.

Konferensi internasional ICGAB II ini turut menghadirkan keynote speaker yakni Prof Risfaheri dari Kementrian Pertanian, Prof Patricia Rayas Duarte dari Oklahoma State University USA, Prof Kazuhito Fujiyama dari Osaka University Japan, dan Prof Simon Bambang Wijanarko dari UB Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES