Kesehatan

Rutin Konsumsi Semangka bisa Tangkal Penyakit

Selasa, 18 September 2018 - 11:21 | 141.64k
Ilustrasi - Rutin konsumsi semangka bisa menangkal penyakit (FOTO: kabumakura.com)
Ilustrasi - Rutin konsumsi semangka bisa menangkal penyakit (FOTO: kabumakura.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTASemangka buah segar yang mengandung lebih dari 8 persen air itu sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca panas. Rasa yang manis segar seketika dapat menghilangkan dahaga.

Buah semangka sebenarnya termasuk dalam buah yang padat gizi. Dalam buah semangak terdapat vitamin dengan kadar tinggi, mineral, antioksidan, dan sedikit kandungan kalori.

Dikutip dari Fitness and Wellness, rutin mengkonsumsi semangka sangat baik untuk kesehataan. Apa sajakah itu?

1. Penangkal penyakit
Lycopene dan komposisi tumbuhan di dalam semangka ditemukan dapat mengurangi risiko beberapa kanker, terutama yang menyangkut dengan pencernaan. Kerja Lycopene tidak hanya itu tetapi juga menurunkan kemungkinan orang memiliki penyakit jantung.

Di dalam semangka juga terkandung vitamin C yang antioksidannya mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan kanker atau penyakit gusi. Asam amino dalam semangka juga mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin. Itu sebabnya buah ini bagus untuk mencegah diabetes.

2. Anti peradangan
Semangka mengandung amam amino khusus yang mencegah terjadinya peradangan saat seseorang sedang menjalankan dier. Peradangan bisa memicu rasa sakit dan nyeri setiap hari yang diikuti dengan kondisi serius lainnya seperti fibromyalgia, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Itu sebabnya selalu hindari terjadinya peradangan.

3. Minuman olahraga yang alami
L-citrulline, asam amino yang terdapat di semangka, memiliki pengaruh positif saat orang melakukan olahraga pemulihan. Semangka membantu mengurangi nyeri otot melalui penghilangan asam laktat secara efisien. Penelitian juga menunjukkan pemulihan detak jantung orang setelah berolahraga juga lebih baik. Dengan 92 persen konten semangka adalah air dan elektrolit, semangka juga bagus dimakan sesudah berolahraga untuk rehidrasi.

4. Mengurangi kram
Kandungan potasium dalam semangka membantu mengatur fungsi saraf. Ini memungkinkan komunikasi impuls tubuh bekerja lebih efektif yang membantu mencegah munculnya rasa kesemutan atau mati rasa. Kaki kram juga dapat dibantu dengan menambah kadar potassium.

5. Camilan rendah kalori
Hanya mengandung 46 kalori dalam setiap gelas jus, semangka ideal untuk menghilangkan rasa haus, keinginan mulut menyicip yang manis, sekaligus suntikan gizi. Semangka bisa menjadi oengganti permen pada saat orang sedang menjaga berat badannya. Kandungan serat dan air yang tinggi dari semangka dapat mengenyangkan perut sekaligus pelepas dahaga dalam waktu cukup panjang.


LIHAT JUGA: Jangan Malas Makan Semangka, Ini Manfaatnya


Wow ternyata luar biasa ya manfaat menkonsumsi buah semangka secara rutin. Yuk mulai dari sekarang tak ada salahnya membiasakan hal baik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES