Peristiwa Daerah

Besok, Enam Polbangtan Diresmikan di Bogor

Senin, 17 September 2018 - 21:23 | 190.84k
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang
Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 6 (enam) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) akan diresmikan pada Selasa (18/9/2018) besok, termasuk Polbangtan Malang. Peresmian akan dilakukan oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Bogor, Jawa Barat.

Sebelum bertansformasi menjadi Polbangtan, mereka merupakan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP). Enam STPP yang beralih tersebut adalah STPP Medan, STPP Bogor, STPP Magelang, STPP Malang, STPP Gowa, dan STPP Manokwari.

Transformasi ini telah ditetapkan dengan Permentan (Peraturan Menteri Pertanian RI) Nomor 25 Tahun 2018 Tentang OTK Polbangtan.

Kepala BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian) Kementan RI, Momon Rusmono mengatakan  transformasi kelembagaan ini sebagai salah satu rencana aksi untuk mewujudkan regenerasi pertanian.

Karena menjadi lembaga pendidikan vokasi, sesuai Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, STPP harus mengubah kelembagaannya menjadi Politeknik. 

Sebagai pendidikan vokasi Polbangtan berorientasi kompetensi, salah satunya dengan menerapkan sistem pembelajaran teaching factory, dimana mahasiswa akan lebih banyak praktik.

Kerap disampaikan bahwa keberadaan Polbangtan berorientasi pada lahirnya job creator atau menumbuhkan wirausaha muda sektor pertanian.

Sejak tahun ini, enam Polbangtan sudah menerima mahasiswa baru. Peminatnya cukup tinggi. Pendaftar di enam Polbangtan mencapai belasan ribu orang. Seperti di Polbangtan Malang, dari 1.331 pendaftar, hanya 254 yang diterima. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES