Politik Jokowi-Makruf Amin

Hasto Kristiyanto: Tanpa Ijtima Ulama Jokowi Telah Lakukan Pakta Integritas yang Sama

Senin, 17 September 2018 - 15:48 | 112.90k
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin Hasto Kristiyanto. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin Hasto Kristiyanto. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin Hasto Kristiyanto menegaskan, tanpa dukungan Ijtima Ulama, Bacapres Joko Widodo (Jokowi) telah menjalankan pakta integritas seperti yang diteken duet Prabowo-Sandiaga.

Diketahui, Ijtima Ulama II, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) menghasilkan keputusan mendukung pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Sebagai syarat dukungan itu, Forum Ijtima Ulama II meminta Prabowo untuk menandatangani 17 poin dalam pakta integritas. 

"Kami tegaskan bahwa pak Presiden Jokowi dalam kepemimpinannya juga melakukan apa yang menjadi pakta integritas yang dihasilkan dari Ijtima Ulama tersebut, di mana Jokowi juga menjalankan program-program keumatan," kata Hasto di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018).

Sekretaris Jenderal PDIP itu mengungkapkan, Presiden Jokowi bukan lagi dalam tataran janji, tapi sudah mempraktikkan aspirasi ulama. "Jadi pak Jokowi bukan dalam tataran janji, bukan tataran opini, tetapi sudah dalam wilayah kerja nyata, kerja konkret untuk rakyat, dan itu berdasarkan aspirasi yang juga disampaikan oleh para tokoh agama," ucapnya.

Misalnya, sebut dia, penetapan Hari Santri setiap 22 Oktober. Penetapan itu dikatakan baru dilakukan pada saat Jokowi memimpin pemerintahan. Selain itu, Jokowi juga menggandeng ulama sebagai calon wakil presiden untuk menguatkan kepemimpinan untuk lima tahun ke depan.

Ia menerangkan, perpaduan Jokowi-KH Ma'ruf Amin sepenuhnya untuk menentukan arah yang baik bagi Indonesia. Hal ini juga menjadi salah satu poin yang bakal diimplementasikan dalam Nawacita 2 nanti. 

"Sehingga, Nawacita 2 sebagai skala berkas program pak Jokowi betul-betul menjawab apa yang diharapkan dari setiap segmen pemilih," tandas Hasto, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES