Gaya Hidup

Ngantuk di Siang Hari? Yuk, Atasi dengan Cara Ini

Senin, 17 September 2018 - 13:45 | 378.70k
ILUSTRASI: Tips Agar Tidak Ngantuk di Siang Hari. (FOTO: Vemale)
ILUSTRASI: Tips Agar Tidak Ngantuk di Siang Hari. (FOTO: Vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketika sedang bekerja, ada banyak godaan khususnya di siang hari, yaitu kebiasaan mengantuk. Sebagian orang pasti setuju dengan hal ini, apalagi kalau pekerjaan cukup menumpuk dan Anda pun merasa lelah. Meskipun nampaknya sepele, ngantuk saat kerja bisa membuat pekerjaan Anda terbengkalai. Lantas, adakah cara mengatasi ngantuk di siang hari?

Anda bisa menghindari rasa kantuk yang melanda di siang hari dengan cara berikut ini.

1. Konsumsi 8 Gelas Air Putih
Minum kurang dari 8 gelas air sehari bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi ini dapat membuat Anda mudah lesu dan ngantuk. Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu proses hidrasi tubuh, sehingga Anda merasa lebih segar saat menjalani berbagai aktivitas.

2. Konsumsi Minuman Berkafein
Tips agar tidak ngantuk dengan mengonsumsi minuman berkafein ini terbukti ampuh. Apabila kantuk berat melanda, minumlah secangkir kopi untuk mengusir kantuk. Mengapa kopi dan teh bisa mengatasi ngantuk? Karena keduanya mengandung kafein, zat yang dapat meningkatkan kewaspadaan manusia.

3. Konsumsi Omega-3
Omega-3 bisa Anda dapatkan di dalam ikan salmon. Asam lemak omega-3 dapat membuat Anda tetap terjaga. Oleh karena itu, konsumsi ikan salmon atau jenis ikan lain yang diperkaya dengan omega-3 pada saat Anda makan siang dan makan malam.

4. Ngobrol dengan Teman Kantor
Tips agar tidak ngantuk saat Anda sedang bekerja adalah dengan mengajak orang lain untuk ngobrol. Jika obrolan tersebut cukup seru, maka Anda bisa dengan mudah melupakan rasa kantuk yang melanda. Apabila Anda terserang rasa kantuk ketika bekerja, ajaklah teman Anda untuk mengobrol sejenak di luar kantor. Pergantian suasana juga bisa membuat kita jadi lebih segar.

5. Mencuci Muka
Kalau murid sekolah yang ketahuan oleh gurunya tengah mengantuk, pasti gurunya akan meminta sang murid untuk mencuci muka dulu di kamar mandi. Anda juga bisa melakukan hal yang sama ketika sedang bekerja. Rasa ngantuk pun akan hilang seketika Anda mencuci muka karena mata pun bakal kembali segar dan melek.

6. Ngemil
Tak masalah untuk menghindari ngantuk dengan mengemil di saat bekerja asalkan tidak terlalu banyak. Mengemil sedikit saja akan membantu Anda terjaga dan tetap bersemangat walau pekerjaan menumpuk. Hanya saja, jauhi makanan yang berat atau bahkan cemilan yang memiliki rasa manis. Cemilan pedas adalah yang paling oke untuk membuat mata melek.

Anda bisa mencoba beberapa cara di atas untuk mengatasi ngantuk di siang hari. Dengan tubuh yang segar dan bebas ngantuk saat kerja, Anda bisa lebih produktif dan pekerjaan bisa cepat selesai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES