Peristiwa Nasional Kirab Pemuda 2018

Festival Layang Dangung di Padang Meriahkan Kirab Pemuda 2018

Minggu, 16 September 2018 - 23:40 | 47.58k
Lomba Layang-layang Dangung, di Padang, dalam rangka Kirab Pemuda 2018, Minggu (16/9/2018). (FOTO: Humas for TI)
Lomba Layang-layang Dangung, di Padang, dalam rangka Kirab Pemuda 2018, Minggu (16/9/2018). (FOTO: Humas for TI)

TIMESINDONESIA, PADANG – Ada yang berbeda dengan Kirab Pemuda 2018, yang dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Yakni dengan menjaga kekompakan dan kebersamaan antar pemuda di daerah itu. Panitia Kirab hadirkan Festival Layang Dangung untuk membangkitkan kebersamaan antar mereka.

Kegiatan Kirab Pemuda 2018 di Padang Pariaman, dipusatkan di Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman.

"Tidak hanya Festival Layangan, Kirab Pemuda di Padang Pariaman juga dilaksanakan Bhakti Sosial seperi Donor Darah, Go Green (aksi penghijauan), cek kesehatan gratis, renovasi rumah ibadah, pustaka pemuda dan kemudian ditutup dengan Festival Layang Dangung ini," sebut Candra Kirana, Sekretaris Kirab Pemuda Wilayah Sumbar, Minggu (16/9/2018).

Candra melanjutkan, Kirab Pemuda di Sumbar ini merupakan progran dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora RI) yang dilaksanakan di Bukittinggi, Pasaman, Padang Panjang, Padang Pariaman, Kota Padang yang sudah dimulai semenjak 12 September kemarin.

"Kirab saat ini, di pusatkan di Kabupaten Pasaman yang akan mengutus dua orang pemuda dari masing-masing Provinsi dan akan berlanjut nantinya ke kabupaten Kampar Riau. Dan di Sumatera dibagi menjadi dua Zona, kemudian nantinya mereka akan berkumpul di Jakarta pada 17 September mendatang," ungkap Candra.

Layang-Kirab-2.jpg

Sementara itu, Walinagari Tapakis, Soni Aprison mengungkapkan dalam Kirab Pemuda kali ini, membawa Festival Layang Dangung merupakan hal yang tepat sekali, karena dalam pertandingan Layang Dangung ini terciptanya kebersamaan dan kekompakan antar mereka.

"Layang Dangung ini kalau menaikannya butuh tim dan kekompakan, tidak bisa satu orang butuh kebersamaan, dalam satu tim biasanya ada lima hingga enam orang," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, untuk peserta Layang Dangung ini, ada sekitar 36 peserta dari setiap utusan kampung yang ada di nagari Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis.

"Ada sekitar 36 peserta dan yang bertahan dan bisa terbang hanya bertahan sekitar enam Layangan, karena kondisi cuaca angin sangat kencang banyak mereka yang gugur," sebutnya.

Untuk masalah penilaian, kata Soni, nantinya Layangan yang naik akan dinilai Dangungnya (bunyi) kemudian enggak (gerakan layang).

Kemudian Soni melanjutkan, untuk para pemenang Panitia Kirab Pemuda 2018 menyediakan berbagai macam tropi dan uang pembinaan untuk memeriah kegiatan tersebut.

"Mereka yang Juara Festival Layang Dangung, di Padang, mendapatkan uang tunai dan tropi, sebagai pembinaan dan telah menyuskseskan kegiatan Kirab Pemuda 2018 di Nagari Tapakis ini," tutup Soni. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES