Kamis, 20 September 2018
Otomotif

GIIAS Surabaya Auto Show 2018 Hadirkan Sederet Merek Otomotif Dunia

GIIAS Surabaya Auto Show 2018 Hadirkan Sederet Merek Otomotif Dunia Opening ceremony GIIAS Surabaya Auto Show 2018 di Grand City Convex, Sabtu (15/9/2018). (FOTO: Istimewa)
Senin, 17 September 2018 - 00:43

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Gelaran pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2018 resmi dibuka sejak Sabtu (15/9/2018) hingga sembilan hari ke depan. Pameran otomotif terbesar di Jawa Timur ini hadir di Grand City Convex Surabaya.

GIIAS Surabaya Auto Show 2018 merupakan salah satu rangkaian pameran GIIAS 2018 sebagai bukti komitmen GAIKINDO untuk turut memajukan industri otomotif di seluruh wilayah Indonesia.

Diikuti lebih dari 70 eksibitor yang terdiri dari 11 merek kendaraan penumpang, 4 merek sepeda motor, dan puluhan merek industri pendukung otomotif. Merek-merek dunia seperti BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Lexus, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Peugeot, dan Suzuki, serta Toyota, dan Wuling ikut berpartisipasi di GIIAS Surabaya Auto Show tahun ini.

GIIAS Surabaya Auto Show 2018 dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Drajat Irawan, SE, MT. Dalam pidatonya, Drajat Irawan mengungkapkan apresiasinya atas penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya tahun ini karena sudah melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) otomotif dari Jawa Timur.

“Atas nama pemerintah provinsi Jawa Timur saya menyampaikan apresiasi kepada GIIAS sehingga bisa memfasilitasi IKM kita yang telah diikutsertakan pada event berskala internasional ini,” ujar Drajat. 

Ia mengharapkan pameran ini dapat memberi manfaat bagi Jawa Timur baik dari segi industri sekaligus kesejahteraan masyarakat. Dalam sambutannya Drajat juga menyampaikan mengenai pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada semester pertama. Ia menegaskan bahwa Jawa Timur ditengah ketidakpastian global tetap mengalami pertumbuhan ekonomi pada semester 1 sebesar 5,52% diatas pertumbuhan ekonomi nasional, 

“Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Jawa Timur mencapai 544,43 triliun rupiah dengan pendominasian sektor industri pengolahan sebesar 29.09%”. Drajat menambahkan bahwa nilai ekspor Jawa Timur untuk industri otomotif (velg, tutup velg, rem, dan rem piston) pada tahun 2017 mencapai 256,56 Juta USD.

Hal itu sejalan dengan yang diungkapkan Rizwan Alamsjah selaku Ketua III GAIKINDO dalam sambutannya bahwa kehadiran rangkaian GIIAS di Surabaya ini dikarenakan kota ini merupakan titik pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, “Dengan penyelenggaraan ini, GAIKINDO optimis bahwa Provinsi Jawa Timur akan selalu mengalami pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat seiring dengan terus tumbuhnya industri otomotif disini.” ungkapnya.

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Registration