Kamis, 20 September 2018
Wisata

Pulihkan Pariwisata NTB Pasca Gempa, Ini Kata TGB

Pulihkan Pariwisata NTB Pasca Gempa, Ini Kata TGB Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi (Kiri) saat menghadiri Rapat Koordinasi bersama Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan, di Gili Trawangan, Lombok Utara, Minggu (16/09/2018). (FOTO: Humas Pemprov for TIMES Indonesia)
Minggu, 16 September 2018 - 21:20

TIMESINDONESIA, LOMBOK UTARAGubernur NTB (Nusa Tenggara Barat) Dr. TGH. M. Zainul Majdi atau Tuanku Guru Bajang (TGB) menegaskan untuk memulihkan kembali pariwisata NTB pasca gempa, perlu adanya promosi yang masif serta upaya perbaikan akomodasi, yang terdapat di sejumlah destinasi wisata.

Ia pun mendorong para pelaku pariwisata untuk segera melakukan perbaikan akomodasi. Baik yang ada di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa. Termasuk Gili Trawangan.

Hal tersebut disampaikan TGB saat menghadiri Rapat Koordinasi bersama Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan, di Gili Trawangan, Lombok Utara, Minggu (16/09/2018).

Menurut TGB, upaya promosi keluar daerah juga terus dilakukan melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB. Bahkan, kata TGB, BPPD telah melakukan anjengsana dan media visit di tingkat pusat untuk menyampaikan bahawa pariwisata NTB, di tengah situasi musibah tatap dapat bertahan. 

Hal tersebut, lanjutnya, disebabkan daerah terdampak masih bisa recovery. Apalagi, masih banyak destinasi wisata NTB yang tidak terdampak, khususnya di bagian tengah, bagian selatan pulau Lombok.

"Itu dua hal yang dikomunikasikan termasuk anjangsana ke airline, khususnya terkait Lombok dan kesediaan untuk tetap menerima para wisatawan," kata TGB.

TGB berharap dalam rakor tersebut penguatan dalam dua hal itu akan dapat disupport penuh oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan perangkat negara yang lain. 

Ia pun meminta, akan ada promosi masif bahwa fasilitas Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) yang ada di NTB masih relatif banyak yang bisa digunakan.

"Wisata mice merupakan triger untuk membangun kembali pariwisata kami di NTB , karena setelah sehari dua hari kegiatan bisa keliling, dan itu bisa menjadi mouth to mouth promotion bahwa NTB itu relativ kondusif", ucapnya.

Lebih jauh, Gubernur TGB menyampaikan apresiasi kepada Kemenpar. Ia menilai, selama ini Kemenpar terus melakukan hal yang luar biasa dalam mensupervisi dan memberikan arahan langsung untuk penataan kembali fasilitas pariwisata NTB pasca gempa. (*)

Jurnalis : Anugrah Dany Septono
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lombok

Komentar

Registration