Kesehatan

Konsumsi Makanan Ini Tingkatkan Peluang Hamil Kembar, Benarkah?

Senin, 17 September 2018 - 06:13 | 72.47k
Ibu hamil. (FOTO: Tips Sehatmu)
Ibu hamil. (FOTO: Tips Sehatmu)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kehamilan kembar menjadi momen istimewa bagi pasangan suami istri. Pasalnya tidak semua orang memiliki kesempatan hamil kembar. Selama ini banyak yang mengatakan hamil kembar dipengaruhi oleh gen. Ternyata gen bukan satu-satunya penentu kehamilan kembar. Kebiasaan makan makanan sehat tertentu juga bisa meningkatkan peluang hamil kembar.

Apa saja makanan yang bisa meningkatkan peluang hamil kembar? Berikut daftar makanan tersebut, yang dilansir dari Nakita.

1. Ubi
Dalam salah satu penelitian, diamati bahwa orang-orang suku Yoruba di Nigeria memiliki tingkat kelahiran kembar yang tinggi. Ini karena mereka mengonsumsi ubi jalar dalam jumlah banyak.

Ubi merupakan sumber progesteron dan fitoestrogen, dan menyebabkan hiperovulasi. Oleh karena itu, ubi jalar meningkatkan kemungkinan melahirkan bayi kembar.

2. Susu
Dalam sebuah penelitian, ditetapkan bahwa perempuan yang mengonsumsi lebih banyak susu dan produk susu, lima kali lebih mungkin memiliki bayi kembar dibandingkan dengan perempuan yang lebih sedikit mengonsumsi produk susu.

Produk susu meningkatkan jenis protein tertentu, disebut faktor pertumbuhan serupa insulin. Protein ini ada dalam susu sapi dan juga dapat diperoleh dari produk hewani lainnya.

Saat mengonsumsi lebih banyak susu, indung telur akan mengeluarkan lebih banyak telur.

3. Makanan Kaya Asam Folat
Asam folat adalah salah satu kebutuhan utama bayi yang sedang tumbuh dan biasanya dokter merekomendasikan suplemen asam folat bersama dengan vitamin lain selama kehamilan.

Para peneliti juga telah menetapkan bahwa asam folat tertentu dapat meningkatkan peluang seorang perempuan memiliki bayi kembar.

Avocad, bayam, brokoli juga merupakan sumber asam folat folat yang baik. Anda dapat mengambil dua kali jumlah dosis asam folat yang dianjurkan dalam kehamilan jika menginginkan hamil kembar.

4. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks pilihan yang baik jika ingin merencanakan bayi kembar. Makanan seperti kacang, biji-bijian dan sayuran adalah sumber karbohidrat kompleks.

Bukan hanya meningkatkan kemungkinan hamil bayi kembar tapi juga dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi.

5. Makanan Kaya Protein
Makanan kaya protein bersifat stimulasi hiper-ovulasi. Makanan kaya protein yang bisa dikonsumsi antara lain tahu, kedelai, dan gandum utuh.

6. Nanas
Nanas adalah cara yang bagus untuk meningkatkan peluang memiliki bayi kembar. Anda bisa mengonsumsi inti dari buah nanas. Kehadiran bromelain yang merupakan jenis protein dalam nanas membantu dengan ovulasi dan pembuahan.

Itulah makanan sehat yang bisa meningkatkan peluang hamil kembar. Meski demikian, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum Anda membuat perubahan diet utama ketika mencoba untuk hamil kembar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES