Rabu, 19 September 2018
Wisata

Tari Gambyong Hadir di Indonesian Cultural Dinning Series Hotel Tugu

Tari Gambyong Hadir di Indonesian Cultural Dinning Series Hotel Tugu Tari Gambyong. (FOTO: Nadya/TIMES Indonesia)
Minggu, 16 September 2018 - 18:07

TIMESINDONESIA, MALANGHotel Tugu Malang kembali menggelar Cultural Dining Series. Pada bulan September ini, dalam misinya menghidupkan kembali seni budaya dan romansa nusantara, Indonesian Cultural Dining Series ke 34 menampilkan Tari Gambyong.

"Gambyong adalah bentuk tari Jawa klasik yang berasal dari wilayah Surakarta dan biasanya dilakukan untuk pertunjukan atau menyambut tamu.

Tari-Gambyong-2.jpg

Biasanya penarinya pun khusus para gadis muda saja," ujar Richard Wardana, perwakilan Hotel Tugupada kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Sabtu (15/09/18) malam. 

Panggilan Gambyong faktanya berasal dari nama seorang penari ternama pada zaman itu, Sri Gambyong nama lengkapnya. 

Sri terkenal memiliki suara yang amat merdu dan kelenturan dalam menari yang dapat menarik perhatian orang banyak. Awalnya, Sri melakukan tarian ini dengan berkeliling di jalanan.

Tari-Gambyong-3.jpg

Pusat dari seluruh tarian terletak pada gerak kaki, lengan, tubuh, dan kepala. Gerakan konseptual dari kepala dan tangan juga merupakan karakteristik utama dari tari Gambyong. 

Selain itu, pandangan mata selalu menyertai atau mengikuti setiap gerakan tangan dengan melihat jari tangan juga merupakan hal yang sangat dominan. 

Dan juga gerakan kaki yang harmonis dalam ritme membuat tarian gambyong indah untuk dilihat.

Dengan iringan gamelan jawa lengkap dengan sinden menjadikan suasana makan malam menjadi sakral.

Pertunjukan yang elegan ini diadakan di ruang Tirtagangga Hotel Tugu Malang. Ruang perjamuan yang sangat elegan dan eksotis ini terinspirasi oleh sejarah dari India, Arab, Cina dan Mongolia Silk and Spice Roads. 

Ruangan yang indah ini dihiasi dengan mawar merah, lampu gantung, dan menghadap ke area taman yang asri dan ditimpali oleh suara air di atas kolam kecil yang mencerminkan ketenangan eksotis seperti sebuah istana di India.

Para tamu Cultural Dining Series di Hotel Tugu terlihat begitu menikmati pertunjukan tari Gambyong sekaligus menikmati hidangan lezat andalan. Para tamu tidak lupa mengabadikan momen dengan para pemain gamelan dan penari. (*)

Jurnalis : Nadya Rahma Putri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration