Kamis, 15 November 2018
Pendidikan

Mahasiswa Baru Unisla Dibekali Wawasan Cinta NKRI

Mahasiswa Baru Unisla Dibekali Wawasan Cinta NKRI Mahasiswa Baru (Maba) Unisla mendapatkan materi Wawasan Kebangsaan dari Kodim 0812 Lamongan, di Aula Unisla, Minggu, (16/9/2018). (FOTO: Siti Nura/TIMESIndonesia)
Minggu, 16 September 2018 - 16:48

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Islam Lamongan (Unisla) diajak untuk selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ajakan itu disampaikan oleh Mayor Infantri Suko Edi Winarto, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0812 Lamongan, saat memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) ke ribuan Maba Unisla.

"Dengan diberikan wasbang ini, Maba yang merupakan sebagai penerus bangsa dapat menguatkan karakter bangsa, menjaga keutuhan NKRI," katanya seusai memberikan materi Wasbang di Aula Unisla, Minggu, (16/9/2018).

Maba-Unisla.jpg

Para Maba ini pun mendapatkan sejumlah materi, di antaranya ideologi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. "Harapannya agar kita bisa selalu mempertahankan ideologi Pancasila," ucapnya.

Di sisi Lain, Norman, Ketua Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), menyebutkan kegiatan pembekalan Wasbang tersebut merupakan salah diantara rentetan kegiatan PKKMB.

"Salah satu materi PKKMB Tahun 2018 sesuai dengan Permen Ristek Dikti yaitu pemberian wawasan kebangsaan dan bela negara bagi mahasiswa baru Unisla," ucapnya.

Maba-Unisla-1.jpg

Menurut Norman, pemberian Wasbang ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap kegiatan PKKMB, dengan materi untik menambah wawasan bela negara dan cintah tanah air NKRI.

“Materi PKKMB tahun 2018 ini sesuai dengan Permenristekdikti. Diharapkan para mahasiswa Unisla ini akan selalu cinta NKRI dan akan selalu membelah tanah NKRI Bila ada gangguan yang jelek atau merusak NKRI,” ujarnya.

Norman juga menjelaskan, selain pemberian wawasan kebangsaan dan bela negara, sesuai Permenristekdikti panitia juga memberikan materi lain. Yaitu materi empat pilar, Pancasila, Bhineka tunggal ika, NKRI dan UUD 45. "Ini nanti juga ada materi deradikalisasi dan terorisme,” ucapnya.

Maba-Unisla-3.jpg

Norman menambahkan, setelah memenuhi materi wajib tersebut, para Maba juga akan diberi pendalaman materi ahlussunnah waljamaah sebagai materi lanjutan.

“Kami memberikan ilmu dasar meskipun mereka sudah pernah diberikan materi ini di tingkat SMP maupun SMA tetapi ini kita lakukan untuk penguatan dan pengembangan. Dan ini akan memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang cukup bagi mahasiswa sebelum mereka memasuki perkuliahan,” tuturnya.

Maba Universitas Islam Lamongan juga akan dibekali materi tentang koperasi, dengan harapan Maba Unisla bisa mengetahui sistem perekonomian Indonesia. (*)

Jurnalis : Siti Nura
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Lamongan

Komentar

Registration