Wisata

Indonesia Heritage Museum Simpan Alquran Kuno Peninggalan Sunan Kalijaga

Sabtu, 15 September 2018 - 14:36 | 61.84k
Banyak peninggalan sejarah peradaban di Indonesia yang dikumpulkan disajikan untuk wisatawan yang berkunjung ke museum ini. (FOTO: M Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Banyak peninggalan sejarah peradaban di Indonesia yang dikumpulkan disajikan untuk wisatawan yang berkunjung ke museum ini. (FOTO: M Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Berwisata ke Kota Batu, Provinsi Jawa Timur ada baiknya menyempatkan diri berkunjung ke Museum De Topeng. Di museum yang kini akrab disebut Indonesia Heritage Museum ini, wisatawan bisa mencerna perjalanan sejarah di Indonesia.

Bukan hanya jejak sejarah di perang kemerdekaan, namun juga jejak sejarah perkembangan agama hingga masa kerajaan nusantara ada di sini.

Museum ini berada di kawasan wisata Museum Angkut, Jl Sultan Agung Kota Batu. Wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan publik. Lokasi obyek wisata ini hanya berjarak 1 kilometer dari Terminal Batu.

Museum-De-Topen-A.jpg

“Ada banyak artefak menjadi rekam sejarah di Indonesia, mulai naskah kuno bertuliskan Arab Pegon yang dilengkapi gambar pewayangan yang mengisahkan bagaimana sejarah perkembangan di Indonesia,“ founder De Topeng Kingdom, Reso Halsamer.

Jejak sejarah ini terekam mulai jaman kerajaan hingga Islam masuk ke Nusantara, bahkan museum ini menyimpan koleksi Kitab Suci Alquran Kuno yang terpajang rapi di lemari kaca. Diyakini Alquran kuno ini merupakan peninggalan Sunan Kalijaga.

“Ada juga koleksi keramik bertuliskan Kaligrafi Arab hingga keramik peninggalan Dinasti Ming, “ ujar Reso. Semua peninggalan ini yang dikemas rapi ini dilengkapi periodisasi serta asal dimana artefak tersebut dibuat.

Di tempat ini juga terdapat banyak sekali topeng berbagai jenis dan tempat pembuatan. Mulai dari topeng Malangan hingga Kalimantan dan Papua ada di sini.

Sebuah topeng istimewa juga dipamerkan disini, dimana topeng ini dicat menggunakan lima lapisan bahan perasa sejenia tepung berwarna keemasan dan perak.

Topeng ini ditemukan di sekitar Candi Borobudur di mana jika dilakukan penggalian sejarah akan terungkap sejarah yang dalam terkait topeng ini. Di Indonesia Heritage Museum ini juga terdapat Patung Tao-Tao yang dipercaya sebagai patung penjaga makam yang sakral dan memiliki kekuatan magis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES