Peristiwa Daerah

Begini Cara Bersihkan Kompor Kotor dan Berminyak yang Membandel

Sabtu, 15 September 2018 - 11:36 | 188.74k
ILUSTRASI: Cara Bersihkan Kompor Kotor dan Berminyak yang Membandel. (FOTO: Popmama)
ILUSTRASI: Cara Bersihkan Kompor Kotor dan Berminyak yang Membandel. (FOTO: Popmama)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Digunakan setiap hari pastinya membuat kompor lekas kotor dan berminyak. Tumpahan minyak maupun letupan aneka sayur yang sedang dimasak, jika tak segera dibersihkan maka akan membuat kompor cepat rusak dan berkarat.

Sayangnya tak semua orang dapat segera membersihkan kompor sesaat setelah memasak. Karena terburu-buru melakukan aktivitas lainnya. Alhasil tumpukan minyak dan lemak nempel di kompor tak dapat dihindari.

Tentunya hal itu membuat kesal pada ibu rumah tangga. Anda dapat mencoba tips yang telah dirangkum TIMES Indonesia dari berbagai sumber.

Baking soda dapat digunakan untuk membersihkan kompor. Cara menggunakannya, Anda hanya perlu melarutkan 2 sendok makan baking soda di dalam 1 liter air hangat. 

Celupkan kain bersih atau spon kemudian gunakan untuk mengusap kotoran pada kompor. Gosokkan kain atau spon yang diberi air soda pada bagian kompor yang berkerak. Jika sudah, lap kompor dengan kain kering bersih. 

Cara membersihkan kotoran dan kerak pada kompor yang sangat mudah bukan? Selain baking soda, bahan alami lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran dan kerak pada kompor selanjutnya adalah jeruk nipis, cuka apel, larutan sabun cuci piring dan larutan deterjen. 

Cara penggunaanya juga sama. Cukup larutkan bahan tersebut dalam air hangat dan lap kompor hingga bersih.

Sedikit berbeda untuk bagian tungku kompor. Anda dapat melepasya dari kompor dan merendam tungku dengan salah satu bahan alami diatas dengan air hangat. Diamkan beberapa saat dan sikat menggunakan sabut kawat. Bilas dan keringkan.

Ternyata mudah bukan membersikan kompor yang kotor dan berminyak. Yuk bersihkan kompor Anda, mumpung akhir pekan nih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES