Rabu, 26 September 2018
Peristiwa - Daerah

Kembangkan Mangga Situbondo, KPDT Gandeng 8 Villages dan POS Indonesia

Kembangkan Mangga Situbondo, KPDT Gandeng 8 Villages dan POS Indonesia Kunjungan Kasubdit Koperasi dan UKM KPDT M. Aminuddin Farik bersama PT. 8 Villages (Rego Pantes) Bagas Awang Sadewo dan PT. POS Indonesia M. Anang Irwansyah selaku Manager logistic Jawa Timur Bersama H. Suherman di Kecamatan Kapongan Situbondo
Jum'at, 14 September 2018 - 22:02

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Mangga Situbondo mendapat perhatian khusus dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT). Rombongan KPDT bersama PT 8 Villages (Rego Pantes) dan PT POS Indonesia melakukan kunjungan langsung ke petani Mangga yang ada di kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Jumat (14/9/2018)

Rencananya, mangga tersebut akan dipasarkan melalui PT 8 Villages (Rego Pantes) ke pasar modern nasional maupun internasional melalui pengiriman PT POS Indonesia ke seluruh pasar yang telah bekerja sama dengan PT 8 Villages.

M. Aminuddin Farik, Kasubdit Koperasi dan UKM KPDT menjelaskan tujuan dari kunjungannya rombongan itu untuk membantu menembus pasar komoditi mangga Situbondo.

Farik memastikan, PT 8 Villages akan membeli langsung ke petani kemudian didistribusikan oleh PT POS Indonesia untuk agar dipastikan harganya lebih bersaing di pasar dan menguntungkan petani.

Kasubdit-2.jpg

Lewat kerjasama ini, tambahnya, akan mempermudah petani mangga untuk menjual produknya. Dan bisa dipastikan harganya akan diambil lebih mahal. "Pokoknya ingin menyejahterakan petani mangga yang ada di Situbondo," telas Farik.

Kunjungan rombongan itu bukan hanya ke Situbondo. Namun ke Kabupaten Bondowoso. Di sana mereka menemui petani pisang untuk kerjasama serupa.

KPDT sudah merencanakan launching pengiriman Mangga Situbondo, Pisang Bondowoso, Jambu Kristal, Bawang, Alpukat dan sejumlah buah lainnya dari dua kabupaten tersebut. "InsyaAllah akan dilaksanakan tanggal 26 September 2018 mendatang," ungkap Farik.

Farik berharap, PT 8 Villages untuk segera mewujudkan kerjasama tersebut dengan segera.

Sementara, Manager Logistic PT POS Jawa Timur, M. Anang Irwansyah memastikan bahwa PT POS akan selalu memberi kemudahan kepada para petani.  "PT POS akan melakukan penjemputan langsung ke rumah petani yang akan mengirimkan hasil panennya yang sudah dibeli oleh PT 8 Villages," ucapnya.

Farik berharap, kerjasama antara KPDT, PT 8 Villages (Rego Pantes) dan PT POS Indonesia tersebut benar-benar memberi manfaat bagi kesejahteraan petani, khususnya petani mangga yang ada di Kabupaten Situbondo. (*)

Jurnalis : Fawaid Aziz
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Situbondo

Komentar

Registration