Peristiwa Daerah Jokowi-Makruf Amin

Pengaruh KH Ma'ruf Amin Bisa Sukseskan Suara Petahana di Banten

Jumat, 14 September 2018 - 21:28 | 106.41k
KH. Maruf Amin (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
KH. Maruf Amin (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTADuet Jokowi - KH. Maruf Amin diprediksi akan sukses merebut suara di Provinsi Banten. Hal tersebut lantaran KH. Ma'ruf Amin merupakan tokoh ulama dari Banten yang sangat disegani dan juga keturunan langsung dari ulama nusantara yang mendunia, Imam Nawawi Al-Bantani. 

Selain itu, faktor primordial juga ikut menentukan, masyarakat Banten tentu akan bangga jika salah satu tokoh terbaik daerahnya jadi Pimpinan Nasional.

Demikian disampaikan Pengamat politik dari kantor lembaga survei Stratak Indonesia, Oktarina Sorbardjo di BSD City, Tangerang, Jumat (14/9/2018).

"Tidak tanggung-tanggung, jadi orang nomor dua di republik ini," katanya.

Oktarina menambahkan, akan aneh jika orang Banten menolak Kiai Ma'ruf. Selain karena kultur relijius yang sangat kuat, faktor sama-sama Banten juga seharusnya sudah cukup membuat rakyat Banten menetapkan pilihan kepadanya. 

"KH. Ma'ruf Amin itu tokoh senior yang sangat disegani, keturunan langsung Syeikh Nawawi Al-Bantani. Apa lagi alasan menolaknya ? Dengan dipilihnya beliau oleh Presiden Jokowi, harapannya tentu orang Banten akan bangga dan merasa dihargai," ujarnya. 

Oktarina menilai adanya suara sumbang yang selama ini sayup-sayup terdengar anti Jokowo di Banten akan redup dan senyap usai Jokowi menggandeng KH. Ma'ruf Amin.

Jika ternyata suara yang anti itu masih kuat, sangat mungkin itu berasal dari kelompok yang punya dendam politik kepada Jokowi. 

"Misalnya bekas HTI atau memang kelompok Islam garis keras berideologi trans nasional lainnya," jelasnya. 

Terlebih, apabila KH. Ma'ruf Amin mulai bergerak ke pesantren-pesantren di Banten, maka bisa dipastikan dukungan verbal dan kongkret akan terlihat. 

"Bagaimanapun dunia pesantren, termasuk di Banten, akan senang dengan sosok bersarung yang rendah hati dan berwawasan luas itu bisa jadi wakil presiden. Harusnya alasan itu lebih dari cukup untuk membuat Ma'ruf mendulang mayoritas suara di pilpres 2019 nanti," katanya.

Sebagai informasi, saat ini duet Prabowo - Sandi mulai tancap gas melakukan silaturahmi politik dengan mendatangi para tokoh dan pondok pesantren di berbagai daerah.

Sementara duet Jokowi - KH. Ma'ruf Amin juga mulai memanaskan mesin partai dan relawannya.

Sama halnya dengan duet Prabowo - Sandi, KH. Ma'ruf Amin juga sudah melakukan safari politik ke berbagai petinggi organisasi masyarakat dan Kiai - kiai berpengaruh di berbagai daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES