Selasa, 13 November 2018
Peristiwa - Daerah

Warga Kekurangan Air, Polres Probolinggo Dropping dengan Water Canon

Warga Kekurangan Air, Polres Probolinggo Dropping dengan Water Canon Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad ikut menyalurkan langsung air bersih ke Dusun Sulur, Desa Purut, Kecamatan Lumbang. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)
Jum'at, 14 September 2018 - 17:42

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Krisis air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memantik simpati semua kalangan. Salah satunya, Polres Probolinggo. Korsp baju cokelat ini dengan sigap mendistribusikan belasan liter air bersih ke sejumlah titik dengan mobil water canon.

Salah satunya, berada di Dusun Sulur, Desa Purut, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Di kawasan berpenduduk 900 jiwa ini, air bersih menjadi barang langka. Menggunakan watercanon berkapasitan 8.000 liter air bersih, pihak Polres Probolinggo langsung menyalurkan ke warga yang membutuhkan.

Hal itu pun disambut antusias warga. Puluhan warga berbondong-bondong datang membawa jeriken dan tong untuk menampung air bersih. Atas bantuan itu, warga setempat sangat senang dan gembira. Biasanya, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di musim paceklik seperti saat ini, warga harus membeli. Dari lokasi yang terbilang jauh, sekitar 2 hingga 3 kilometer dari Dusun Sulur.

“Alhamdulillah, ada bantuan dari pak polisi. Kami harap bantuan tidak datang sekali ini saja. Karena kami sangat membutuhkan air,” kata salah satu warga, Sofia, Jumat (14/9/2018).

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari pihak Polres Probolinggo, ada sekitar 18.000 liter air bersih yang didistribusikan kali ini. Diangkut dengan tiga unit kendaraan. Yakni dua unit mobil tangki masing-masing bermuatan 5.000 liter air dan satu unit watercanon berkapasitas 8.000 liter.

“Ada beberapa lokasi di tiga kecamatan yang kami suplai air bersih. Seperti di Kecamatan Banyuanyar dan Bantaran. Kali ini di Kecamatan Lumbang. Bantuan ini hanya sementara, nanti kami upayakan pemerintah daerah untuk membangun sumber mata air bersih atau saluran air bersih, seperti di dua kecamatan yang sudah kami bantu,” terang Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad.

Selain itu, mantan Kapolres Tuban ini juga menyebut, pihaknya sebagai aparatur negara tergerak untuk membantu masyarakat yang mengalami kesusahan. “Negara harus hadir di tengah masyarakat seperti ini, yang dilanda kekeringan. Dengan fasilitas watercanon yang ada, kami gunakan untuk dropping air bersih,” pungkas Fadly. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration