Kamis, 15 November 2018
Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Seminar Nasional Ciastech 2018 di UWG Malang Menjadi Ajang Curhat

Seminar Nasional Ciastech 2018 di UWG Malang Menjadi Ajang Curhat Dr. Ir. Mustangimah, MSi sebagai keynote speaker pada CIASTECH 2018 di UWG. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Jum'at, 14 September 2018 - 16:20

TIMESINDONESIA, MALANG – Kehadiran Dr. Ir. Mustangimah, MSi (Kasubdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset) di Kampus Inovasi UWG (Universitas Widyagama) Malang pada Rabu (12/9/2018), sebagai Keynote Speaker mewakili Prof. Okky Karna Rajasa, dimanfaatkan sebagai ajang "curhat" sebagian besar peserta Seminar Nasional Ciastech 2018.

Setelah dibuka secara resmi oleh Rektor UWG Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS, acara Ciastech 2018 dilanjutkan dengan plenary session l oleh Keynote Speaker. Imah, begitu Dr. Mustangimah biasa dipanggil tampil presentansi dipandu moderator Ketua LPPM UWG, Candra Aditya, ST, MT.

ciastech-uwg.jpg(FOTO: AJP/TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

Dalam presentasi paparan berjudul Inovasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan, Imah banyak mengupas tentang Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045 sebagaimana Perpres 38/2018, juga tentang bidang-bidang fokus penelitian pembangunan berkelanjutan. 

Peserta yang mayoritas adalah dosen peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia ini begitu antusias mendengarkan penjelasan-penjelasan yang disampaikan dengan sangat gamblang. 

Begitu presentasi selesai dan dibuka kesempatan diskusi, banyak tangan terangkat minta diberikan kesempatan. Karena terbatasnya waktu, Candra Aditya sebagai moderator hanya menunjuk tiga penanya, dan semua bertanya terkait dengan simlitabmas yang sampai saat ini masih terus mengalami gangguan. 

Sementara peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat harus mengunggah laporan kemajuan dan usulan baru pendanaan tahun 2019. Dengan sabar Imah menyampaikan kondisi yang ada saat ini terkait dengan yang dikeluhkan peserta. 

Tidak cukup sampai disitu, saat Imah harus meninggalkan ruang seminar karena harus segera kembali ke Jakarta, tidak sedikit para peserta yang memburu keluar untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detil. Kembali dengan sabar perempuan lembut berkerudung ini memberikan penjelasannya. 

Seminar Nasional yang diketuai Dr. Ir. Sabar Setiawidayat, MT ini akhirnya bukan hanya sebagai ajang silaturahmi keilmuan diantara para peneliti dan pelaksana pengabdian kepada masyarakat untuk mendapatkan luaran kegiatan berupa seminar dan prosiding saja, tetapi sekaligus juga sebagai ajang curhat. 

Sisi positif lain dari Seminar Nasional Ciastech 2018 di UWG Malang, kendala kondisi simlitabmas yang masih sering bermasalah mendapat jawaban yang melegakan bagi para peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat. (*)

Jurnalis : Rita Hanafie (CR-059)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration